Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77Keywords:
kualitas guru, bimbingan dan konseling, permasalahan siswaAbstract
Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas guru dalam memberikan layanan BK terutama dalam pemecahan permasalahan siswa dan memberikan pendampingan dalam memberikan layanan responsif pada siswa bermasalah. Peserta pengabdian ialah guru SD dari enam kabupaten dan satu kotamadya se-Solo Raya. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi persiapan, pelaksanaan (FGD, role play, pendampingan), dan pelaporan. Hasil pengabdian meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam memberikan layanan BK khususnya dalam pemecahan permasalahan siswa dan berfungsinya asas alih tangan untuk permasalahan siswa yang tidak bisa ditangani guru. Dari pengabdian ini diharapkan SD mampu mendirikan lembaga BK di masing-masing sekolah dan mengoptimalkan layanan BK di sekolah.
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.