Strategi Peningkatan Kinerja UKM
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.338Keywords:
pelatihan dan pendampingan,, strategi,, kinerja UKMAbstract
Kinerja UKM adalah tingkat pencapaian prestasi UKM dalam kurun waktu tertentu. Kinerja UKM dapat dilihat dari kinerja pemasaran yang telah dilakukan. Jadi kinerja pemasaran merupakan elemen penting dari kinerja UKM secara umum dan merupakan implementasi dari strategi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk (1) memberikan alternatif solusi atau rekomendasi bagi peningkatan kinerja UKM mitra di tengah situasi pandemi Covid-19, (2) mendorong segenap karyawan meningkatkan komitmennya dalam memajukan usaha. Kegiatan ini berbentuk pelatihan dan pendampingan dengan mengikut sertakan pengelola dan para karyawan sebanyak 53 orang. Nara sumber dari tim pengabdian kepada masyarakat FEB – UMS. Hasil kegiatan memberikan beberapa alternatif strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja UKM mitra adalah perlu (1) menerapkan orientasi pasar, (2) menciptakan keunggulan bersaing, (3) meningkatkan kemampuan penetapan harga, (4) memotivasi karyawan untuk tetap bekerja dengan memperhatikan protokol kesehatan.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.