Pelatihan Digital Bagi Siswa MIM Pondok Klaten
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.177Keywords:
Pelatihan Digital, Pendidikan, Revolusi IndustriAbstract
Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif.
Pendidikan yang baik ialah pendidikan yang mampu melihat perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan perubahan maka dari itu pentingnya pengembangan sistem pendidikan sesuai pada era nya. Perkembangan pendidikan tidak lepas dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini karena secara tidak langsung telah mengubah tatanan dari berbagai aspek ekonomi, sosial dan politik. Tantangan pada dunia pendidikan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 saat ini ialah sistem pembelajaran yang inovatif, kesiapan sdm, dan ketersediaan sarana prasarana. Hasil analisis situasi kegiatan pengabdian masyarakat ini menerangkan minimnya kondisi pendidikan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI) bagi murid sekolah dasar. Kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital dalam bentuk edukasi atau pemahaman cara kerja mesin dan aplikasi teknologi. Subjek kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah murid-murid mim pondok kelas 4 sampai kelas 6 di Desa Pondok, Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten. Kegiatan pelatihan digital ditunjang dengan metode ceramah partisipatoris, tanya jawab dan praktek langsung penggunaan aplikasi komputer dengan melakukan pendampingan pada murid. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelatihan digital yang telah dilakukan oleh murid mim pondok kelas 4 sampai dengan 6 mencapai hasil yang memuaskan. Setelah megikuti pelatihan tersebut para murid kelas 4 sampai dengan kelas 6 sudah mengetahui cara menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pelatihan digital tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi murid-murid MIM Pondok dalam mengoperasikan komputer dan meningkatkan keterampilan dalam penguasaan menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel serta dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter pendidikan berupa rasa ingin tahu, kreatif, dan komunikatif.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.