Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Bibit Jamur Pasca Pandemi Covid-19 pada Kelompok Petani Jamur Bangun Harjo, Sragen

Authors

  • Ambarwati Ambarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhtadi Muhtadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Suparti Suparti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dhany Efita Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nia Istiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hanifa Adityarahma Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Septian Hendra Wijaya Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ayu Annisa Gharini Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Anggun Ella Indriyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1196

Keywords:

Pelatihan, Digital Marketing, Bibit Jamur

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan kelumpuhan terutama di bidang ekonomi. Hal ini juga terjadi pada UMKM. Salah satunya adalah kelompok petani bibit jamur Bangun Harjo, Sragen. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk melakukan pelatihan digital marketing pada kelompok petani jamur Bangun Harjo, Sragen untuk memperluas jangkauan konsumen. Kegiatan ini meliputi tahapan koordinasi dan pelaksanaan. Pelatihan dilakukan pada Hari Sabtu, Tanggal 17 September 2022. Hasil pengabdian menunjukkan sebelum pengabdian mitra lebih banyak menggunakan pemasaran konvensional, setelah pengabdian mitra dibuatan akun Shopee, instagram dan facebook. Mitra juga diberikan ketrampilan untuk membuat konten yang menarik. Dengan penggunaan facebook jangkauan konsumen lebih luas. Pembeli bibit jamur tidak hanya dari sekitar Sragen, tetapi juga Banyuwangi, Jatim dan Pekanbaru Riau. Dengan digital markting terbukti dapat memperluas jangkauan pemasaran bibit jamur lebih luas sehingga dapat meningkatkan ekonomi kelompok petani jamur paska Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyasa, W., Nirmala, B. M. S., Ramayasa, P., Ndok, A. T., & Histiningdyah, N. F. R., (2021).

Penerapan Aplikasi Web Profile Dan Pelatihan Digital Marketing Pada Usaha Budidaya

Jamur Tiram Di Denpasar Bali. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Popular, 3(3): 105-111.

Dahniar., Albushairi, A., Huda, N., Bachri, A. A., Yulianto. A., & rahman, M. Y, (2020).

Penerapan Digital Marketing Produk Olahan jamur tiram pada UKM Desa Karang Indah

Batola Banjarmasin. Laporan Pengabdian Hibah Dana PNBP FEB, Unversitas Lambung

Mangkurat.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro,

Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen

& Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Maimun, M. H., Kussudyarsana, Huda Kurnia Maulana, Ahmada Auliya Rahman, & Ihsan

Cahyo Utomo. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pondok Pesantren Tahfidz

Al-Qur’an Ath-Thohiriyah Muhammadiyah. Abdi Psikonomi, 3(1), 63–69. Retrieved from

https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/738

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah,I., Susilawati, S., & Sofyan, I, (2019). Penerapan Digital

Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE”

Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1): 137-142.

Safirin, M. T., Issafira, R. D., Priyatna, T., Malau,G. H., & Rahma, I. N, (2022). Penerapan Digital

Marketing dan Peningkatan Strategi Pemasaran HPS (Himpunan Pengusaha Sumberrejo)

Kemado. Abdi-Mesin: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1), 28-35. Retrieved

from http://abdimesin.upnjatim.ac.id/index.php/abdimesin/article/view/34

Setyowati, E., Maulidiyah IH, Soepatini, Muhammad Arif, MaulidSitti Retno Faridatussalam,

Habib Bachtiar, Riana Rika Rohmatin, & Murni Asliyana. (2022). Pendampingan Digital

Marketing SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Menuju Branding Sekolah

Berkarakter. Abdi Psikonomi, 3(1), 10–20. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/

index.php/abdipsikonomi/article/view/996

Sinta, S. N. A. (2022). Pemasaran Sale Pisang secara Online sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi

Pasca Gempa 2018 di Desa Dangiang, Kabupaten Lombok Utara. Abdi Psikonomi, 3(1),

–51. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/

view/418

Suranto, S., Ambarwati, A., Suparti, S., Sofyan, A., Agustina, L. ., Salsa Bella, S. ., Evi Oktaviana,

D. ., Afandi, A. P. ., Haya, L. R. ., & Zuhri, T. S. . (2021). Pelatihan Digital Marketing Untuk

Meningkatkan Pemasaran Produk Jamur Tiram Dimasa Pandemi Covid-19 Pada UMKM

Gading Sukowati, Sragen. Abdi Psikonomi, 2(4), 175–180. https://doi.org/10.23917/

psikonomi.v2i4.446

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A, (2020). Digital Marketing. Penerbit Edulitera Imprint

PT. Literindo Berkah Karya, Malang

Downloads

Submitted

2022-10-12

Published

2022-12-30

How to Cite

Ambarwati, A., Muhtadi, M., Suparti, S., Sari, D. E., Nia Istiana, Hanifa Adityarahma, … Anggun Ella Indriyani. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Bibit Jamur Pasca Pandemi Covid-19 pada Kelompok Petani Jamur Bangun Harjo, Sragen. Abdi Psikonomi, 3(4), 249–254. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1196

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.