Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Bibit Jamur Pasca Pandemi Covid-19 pada Kelompok Petani Jamur Bangun Harjo, Sragen
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1196Keywords:
Pelatihan, Digital Marketing, Bibit JamurAbstract
Pandemi Covid-19 telah menyebabkan kelumpuhan terutama di bidang ekonomi. Hal ini juga terjadi pada UMKM. Salah satunya adalah kelompok petani bibit jamur Bangun Harjo, Sragen. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk melakukan pelatihan digital marketing pada kelompok petani jamur Bangun Harjo, Sragen untuk memperluas jangkauan konsumen. Kegiatan ini meliputi tahapan koordinasi dan pelaksanaan. Pelatihan dilakukan pada Hari Sabtu, Tanggal 17 September 2022. Hasil pengabdian menunjukkan sebelum pengabdian mitra lebih banyak menggunakan pemasaran konvensional, setelah pengabdian mitra dibuatan akun Shopee, instagram dan facebook. Mitra juga diberikan ketrampilan untuk membuat konten yang menarik. Dengan penggunaan facebook jangkauan konsumen lebih luas. Pembeli bibit jamur tidak hanya dari sekitar Sragen, tetapi juga Banyuwangi, Jatim dan Pekanbaru Riau. Dengan digital markting terbukti dapat memperluas jangkauan pemasaran bibit jamur lebih luas sehingga dapat meningkatkan ekonomi kelompok petani jamur paska Pandemi Covid-19.
Downloads
References
Ardiyasa, W., Nirmala, B. M. S., Ramayasa, P., Ndok, A. T., & Histiningdyah, N. F. R., (2021).
Penerapan Aplikasi Web Profile Dan Pelatihan Digital Marketing Pada Usaha Budidaya
Jamur Tiram Di Denpasar Bali. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Popular, 3(3): 105-111.
Dahniar., Albushairi, A., Huda, N., Bachri, A. A., Yulianto. A., & rahman, M. Y, (2020).
Penerapan Digital Marketing Produk Olahan jamur tiram pada UKM Desa Karang Indah
Batola Banjarmasin. Laporan Pengabdian Hibah Dana PNBP FEB, Unversitas Lambung
Mangkurat.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro,
Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen
& Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Maimun, M. H., Kussudyarsana, Huda Kurnia Maulana, Ahmada Auliya Rahman, & Ihsan
Cahyo Utomo. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pondok Pesantren Tahfidz
Al-Qur’an Ath-Thohiriyah Muhammadiyah. Abdi Psikonomi, 3(1), 63–69. Retrieved from
https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/738
Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah,I., Susilawati, S., & Sofyan, I, (2019). Penerapan Digital
Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE”
Bandung. Jurnal Abdimas BSI, 2(1): 137-142.
Safirin, M. T., Issafira, R. D., Priyatna, T., Malau,G. H., & Rahma, I. N, (2022). Penerapan Digital
Marketing dan Peningkatan Strategi Pemasaran HPS (Himpunan Pengusaha Sumberrejo)
Kemado. Abdi-Mesin: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin, 2(1), 28-35. Retrieved
from http://abdimesin.upnjatim.ac.id/index.php/abdimesin/article/view/34
Setyowati, E., Maulidiyah IH, Soepatini, Muhammad Arif, MaulidSitti Retno Faridatussalam,
Habib Bachtiar, Riana Rika Rohmatin, & Murni Asliyana. (2022). Pendampingan Digital
Marketing SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Menuju Branding Sekolah
Berkarakter. Abdi Psikonomi, 3(1), 10–20. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/
index.php/abdipsikonomi/article/view/996
Sinta, S. N. A. (2022). Pemasaran Sale Pisang secara Online sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi
Pasca Gempa 2018 di Desa Dangiang, Kabupaten Lombok Utara. Abdi Psikonomi, 3(1),
–51. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/
view/418
Suranto, S., Ambarwati, A., Suparti, S., Sofyan, A., Agustina, L. ., Salsa Bella, S. ., Evi Oktaviana,
D. ., Afandi, A. P. ., Haya, L. R. ., & Zuhri, T. S. . (2021). Pelatihan Digital Marketing Untuk
Meningkatkan Pemasaran Produk Jamur Tiram Dimasa Pandemi Covid-19 Pada UMKM
Gading Sukowati, Sragen. Abdi Psikonomi, 2(4), 175–180. https://doi.org/10.23917/
psikonomi.v2i4.446
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A, (2020). Digital Marketing. Penerbit Edulitera Imprint
PT. Literindo Berkah Karya, Malang
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ambarwati Ambarwati, Muhtadi Muhtadi, Suparti Suparti, Dhany Efita Sari, Nia Istiana, Hanifa Adityarahma, Septian Hendra Wijaya, Ayu Annisa Gharini, Anggun Ella Indriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.