Pelatihan goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.485Keywords:
Goal Setting, Motivasi Belajar, PandemiAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan Goal setting pada motivasi belajar siswa SMK Negri Singgahan di masa Pandemi Covid 19 . Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa SMK di Singgahan Tuban yang berdasarkan rekomendasi Guru setempat memiliki motivasi belajar yang rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar dan observasi serta lembar Kerja. Skala Motivasi menggunakan skala Likert untuk mengukur Motivasi siswa sebelum dan sesudah pelatihan, observasi dilakukan saat pelatihan berlangsung, dan lembar kerja digunakan dalam materi mengenal diri dan goal setting. Pelatihan ini terdiri dari 4 sesi yaitu; 1.Mengenal Diri, 2. Inspirasi orang sukses, 3. Goal Setting dengan Metode Smart, dan 4. Permainan melempar Bola.Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan SPSS 24.0 dengan Uji Mann Whitney U. Hasil dari Pelatihan ini menunjukan bahwa tidak ada perubahan motivasi belajar siswa yang signifikan setelah diberikan pelatihan goal setting dengan nilai signifikansinya 0,692 (p >0,05). Hal ini berarti, tidak ada peningkatan pada motivasi belajar siswa setelah diberikan pelatihan goal setting. Hasil analisis Kualitatif dapat memberikan penjelasan mengapa Pelatihan ini tidak signifikan meningkatkan motivasi belajar. Pada saat mengisi tujuan hidup 13 dari 15 siswa belum mampu mengisi dengan spesifik, dan terdapat kendala keterbatasan waktu untuk membantu siswa agar dapat menentukan tujuan hidup yang spesifik. Walaupun demikian, Pelatihan Goal Setting membantu siswa untuk mengenal diri dan konsep diri, menganalisis SWOT dan membuat strategi dalam menentukan target. Sebagai rokemendasi atau saran, maka Pelatihan Goal Setting secara daring membutuhkan pengkondisian yang lebih tepat,dan waktu yang lebih banyak.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Navi Agustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.