Psikoedukasi Terhadap Guru SMP Insan Cendekia tentang Pengelolaan Stress
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.342Keywords:
Stress, , Pandemi, , Work From HomeAbstract
Sejak munculnya wabah virus Corona atau disebut Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020 lalu, terjadi perubahan yang drastis pada seluruh sektor. Salah satunya sektor Pendidikan, Pemerintah Indonesia beserta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan kebijakan pemerintah dan menerapkan kegiatan WFH (Work From Home) atau bekerja dirumah dan proses pembelajaran dapat tetap berjalan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Namun permasalahan tetap saja muncul, dengan kegiatan belajar jarak jauh ini memunculkan berbagai masalah bagi guru. Para guru dihadapkan dengan ketidakseimbangan dan ketidaksiapan antara tuntutan dan kemampuan untuk mengatasi perubahan pada sektor pendidikan yang terdampak pandemi Covid-19, hal ini dapat memicu peningkatan stress pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan gambaran umum mengenai sistem pembelajaran di SMP Insan Cendekia, (2) mengidentifikasi kendala pembelajaran daring di SMP Insan Cendekia, (3) membantu para guru untuk bisa melakukan kegiatan yang dapat mengelola pembelajaran menjadi lebih kondusif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara yang dilakukan terhadap supervisor. Hasil dari penelitian ini adalah SMP Insan Cendekia memiliki sistem pembelajaran daring pada umumnya, sekolah ini juga mengadakan home visit kepada siswa yang sering tidak mengikuti pembelajaran online dan kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran daring yaitu kendala sinyal dan siswa yang sulit untuk mengikuti pembelajaran daring, dari hasil intervensi yang penulis berikan menurut guru yaitu menarik untuk dilakukan sebagai pengingat tambahan kepada pengajar untuk lebih mampu mengatasi kejenuhan saat KBM
Kata Kunci : Stress ; Pandemi ; Work From Home
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.