Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Jamur Tiram Dimasa Pandemi Covid-19 Pada UMKM Gading Sukowati, Sragen
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.446Keywords:
Pelatihan, Packing Produk, Pemasaran Digital, Kelompok, JamurAbstract
Kondisi pandemi covid-19, menyebabkan beberapa usaha kecil menengah yang ada di masyarakat mengalami kelumpuhan, tak terkecuali UKM kelompok jamur di Plumbon Sambungmacan Sragen. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Surakarta melakukan kegiatan pengabdian bagi kelompok petani jamur dengan tujuan perbaikan pengemasan dan pelatihan digitalisasi marketing. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran secara online produk jamur tiram di masa pandemi covid-19. Sebagai Mitra pada pengabdian masyarakat ini adalah kelompok petani jamur yang tergabung dalam UMKM Gading Sukowati yang terdiri dari 20 orang anggota. Kegiatan pendampingan pengemasan dan pelatihan digital marketing dilakukan pada Tanggal 18 desember 2021. Langkah dalam kegiatan ini meliputi: pemesanan plastik dan stiker untuk packing produk, pembuatan akun intragram, pembuatan akun facebook serta akun shopee bagi UMKM Gading Sukowati dan pelatihan digital marketing bagi anggota kelompok petani jamur. Hasil dari kegiatan ini didapatkan pengemasan produk olahan jamur yang lebih bagus dan menarik serta diperolehnya akun instagram, facebook dan akun shopee bagi UMKM Gading Sukowati. Pada kegiatan ini juga dihibahkan sebuah lap top untuk mendukung dan melancarkan pemasaran produk secara online. Dengan kegiatan ini diharapkan produk jamur dari UMKM Gading Sukowati Sragen dapat lebih dikenal masyarakat luas dan meningkat pemasarannya.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.