Pelatihan Asertivitas Dalam Pengembangan Komunikasi Interpersonal Pada Asisten Praktikum

Authors

  • Salsabila Novalia Dwiyanto Putri Suyanto Muhammadiyah University of Surakarta
    Indonesia
  • Lisnawati Ruhaena Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

Keywords:

asisten praktikum, pelatihan asertivitas, komunikasi interpersonal

Abstract

Asisten praktikum perlu memiliki beberapa soft skill salah satunya komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal sangat penting karena mereka berhubungan langsung dengan mahasiswa saat memberikan materi di kelas serta pelayanan yang diperlukan mahasiswa yang berkaitan dengan praktikum. Semakin baik komunikasi interpersonal, maka semakin meningkatkan hubungan positif antara mahasiswa maupun antar asisten. Komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan dengan memberikan pelatihan asertivitas. Tujuan pengabdian ini agar asisten dapat meningkatkan komunikasi interpersonal melalui pelatihan asertivitas. Subjek pelatihan adalah asisten praktikum yang berjumlah 30 orang yang berjenis kelamin laki-laki dan Perempuan yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelokmpok kontrol. Pelatihan asertivitas dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2024 selama + 120 menit. Komunikasi interpersonal diukur dengan menggunakan skala komunikasi interpersonal yang disusun oleh peneliti. Analisis data statistik menggunakan analisis  mann whitney u. Hasil menunjukkan pelatihan asertivitas tidak memberikan dampak signifikan terhadap komunikasi interpersonal pada asisten praktikum. Hal ini disebabkan beberapa faktor yaitu pemilihan waktu yang kurang tepat, peserta datang terlambat, dan permasalahan atau fenomena yang diangkat saat role play kurang sesuai dengan permasalahan yang terjadi di lingkungan asisten pada setiap mata kuliah praktikum. Saran yang diberikan peneliti yaitu mempertimbangkan waktu pelaksanaan pelatihan, pelatihan bisa terdiri dari satu mata kuliah, dan mengembangkan modul yang disesuaikan dengan teori yang digunakan dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al’Ain, M. O., & Mulyana, O. P. (2013). Pelatihan Asertif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Anggota HIMA Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Pendidkan Universitas Negeri Surabaya. Character, 2(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/4592/6898

Aprilia, R. A. N., Madihah, H., & Susanto, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(3), 13–17. https://ojs.uniska-bjm. ac.id/index.php/AN-NUR

Astinah. (2018). Asertif Training Meningkatkan Komunikasi. Al-Din Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35673/ajdsk.v4i2.627

Joseph A. DeVito. (2016). The Interpersonal Communication Book: Vol. 14th edition.

Etodike, C. E., E; Ike, P. R., & Chukwura, E. (2017). Assertiveness Training: Academic Performance and Self Esteem among College Students…. International Journal for Psychotherapy in Africa, 2(1), 7–13.

Ma, J., & Lin, B. (2022). The Impact of College Students’ Social Anxiety on Interpersonal Communication Skills: A Moderated Mediation Model. Scientific and Social Research, 4(6), 101–108.

Oktaviana, D., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–8. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk

Parray, W. M., Kumar, S., & David, B. E. (2020). Investigating the impact of assertiveness training on assertiveness and Self-esteem of High School students. Polish Psychological Bulletin, 51(3), 171–176. https://doi.org/10.24425/ppb.2020.134724

Sampe Tondok, M., Monica, A., Nathania Viotiski, E., Hartono, J., Anggraeni, M., Vimala, R., & Dinar Putri Kinanti, A. (2022). Komunikasi Asertif Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Pada Komunitas Arsa Surabaya. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 89–97. http://peduli.wisnuwardhana.ac.id/index.php/peduli/index

Smith, A., Johnson, B. (2018). The Role of Interpersonal Skills in ESL Instruction. Journal of Applied Linguistics, 10(2), 45-62

Sharma, D., Sharma, M., & Kaur, G. (2020). A Quasi Experimental Study to Assess the Effectiveness of Assertiveness Training Program on Self Esteem and Interpersonal Communication Satisfaction among Nursing Students in Selected Nursing Institutes of Ambala, Haryana. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 14(4), 180–185.

Sumarto, R. H. (2016). KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PUBLIC RELATIONS. Informasi

Kajian Ilmu Komunikasi , 46(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/informasi. v46i1.9650

Downloads

Submitted

2024-07-26

Accepted

2024-08-08

Published

2024-06-30

How to Cite

Suyanto, S. N. D. P., & Lisnawati Ruhaena. (2024). Pelatihan Asertivitas Dalam Pengembangan Komunikasi Interpersonal Pada Asisten Praktikum. Abdi Psikonomi, 5(1), 27–36. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/abdipsikonomi/article/view/6090

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.