Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya

Authors

  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Choiriyah Widyasari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nursalam Nursalam Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77

Keywords:

kualitas guru, bimbingan dan konseling, permasalahan siswa

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas guru dalam memberikan layanan BK terutama dalam pemecahan permasalahan siswa dan memberikan pendampingan dalam memberikan layanan responsif pada siswa bermasalah. Peserta pengabdian ialah guru SD dari enam kabupaten dan satu kotamadya se-Solo Raya. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi persiapan, pelaksanaan (FGD, role play, pendampingan), dan pelaporan. Hasil pengabdian meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam memberikan layanan BK khususnya dalam pemecahan permasalahan siswa dan berfungsinya asas alih tangan untuk permasalahan siswa yang tidak bisa ditangani guru. Dari pengabdian ini diharapkan SD mampu mendirikan lembaga BK di masing-masing sekolah dan mengoptimalkan layanan BK di sekolah.

Downloads

Submitted

2020-06-30

Published

2020-06-30

How to Cite

Wulandari, M. D. ., Widyasari, C. ., & Nursalam, N. (2020). Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya. Abdi Psikonomi, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.