Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) di PAUD AL AMIN Karanganyar

Authors

  • Aruny Amalia Syahida Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sukesi
  • Lisnawati Ruhaena

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.789

Keywords:

GLS, Literasi, PAUD,Read Aloud

Abstract

Abstrak

Minimnya Gerakan literasi di sekolah PAUD AL AMIN Karanganyar membuat Tim Pengabdian Masyarakat ingin berkontribusi ikut meningkatkan dan mengoptimalisasi Gerakan Literasi Sekolah PAUD AL AMIN melalui empat kegiatan yang telah disusun yaitu berupa kegiatan  pelatihan read aloud bagi guru, setting pojok baca yang menarik, pendampingan pembuatan program literasi sekolah, dan monitoring kegiatan literasi di sekolah PAUD AL AMIN. Berdasarkan hasil pretest dan post test kegiatan pelatihan read aloud pada guru paud Al amin dan dianalisis dengan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 5% dan memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,027< 0,05. terdapat perbedaan signifikan antara pretest dengan post test, yang berarti ada peningkatan pengetahuan  read aloud pada guru paud AL AMIN. hasil kegiatan diskusi menghasilkan program Literasi Sekolah dan SOP kegiatan Read Aloud menjadi program pembiasaan di PAUD AL AMIN,  setting pojok baca yang lebih berwarna membuat siswa AL AMIN semakin bersemangat untuk mengunjungi pojok baca dan membaca buku, dan kegiatan terakhir adalah monitoring kegiatan literasi PAUD AL AMIN dan didapatkan hasil para pendidik PAUD AL AMIN mulai menjalankan Gerakan literasi Sekolah dengan baik sesuai dengan program dan SOP yang disusun.

Kata Kunci : GLS, Literasi, PAUD,Read Aloud

Downloads

Submitted

2022-07-09

Published

2022-10-31

How to Cite

Syahida, A. A., Sukesi, & Lisnawati Ruhaena. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) di PAUD AL AMIN Karanganyar. Abdi Psikonomi, 155–163. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.789

Issue

Section

Articles