Pemberdayaan Guru Dalam Program Pendidikan Seks Terintegrasi Kurikulum Sekolah Dasar

Authors

  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhamad Taufik Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ika Candra Sayekti Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fitri Puji Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Tutut Chusniyah Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Fattah Hanurawan Universitas Negeri Malang
    Indonesia
  • Faisal Yusuf Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Hengki Hermawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wendy Dian Patriana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Andi Arfianto Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.448

Keywords:

kurikulum, pelecehan seksual anak, pencegahan, perlindungan diri, pubertas

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan keterampilan perlindungan diri dari pelecehan seksual masih rendah untuk siswa kelas 5 SD di Surakarta. Selain itu hampir seluruh guru yang menjadi responden penelitian belum pernah mengikuti pelatihan pendidikan seks untuk anak dan pengetahuan tentang pelecehan seksual anak masih kurang. Cara paling efektif untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan seks anak melalui program pendidikan komprehensif yang dirancang untuk melindungi anak dari pelecehan seksual.Program prevensi pelecehan seksual anak lebih efektif dilakukan di sekolah. Sekolah menjadi basis untuk prevensi pelecehan seksual anak. Program Pendidikan Seks Terintegrasi Kurikulum selain mengajarkan materi pubertas juga untuk meningkatkan perlindungan anak dari pelecehan seksual. Untuk itu pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan, antara lain: (1) Memberikan pemahaman pada guru tentang pubertas dan pencegahan pelecehan seksual, (2) Memberikan pelatihan terhadap guru mengenai program pendidikan seks terintegrasi kurikulum. Metode pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi persiapan dan pelaksanaan pengabdian masyarakat. Pengabdian ini ditujukan pada guru kelas 6 SD di SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 1 Surakarta.

Author Biographies

Murfiah Dewi Wulandari, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muhamad Taufik Hidayat, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ika Candra Sayekti, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fitri Puji Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Tutut Chusniyah, Universitas Negeri Malang

Fakultas Pendidikan Psikologi

Fattah Hanurawan, Universitas Negeri Malang

Fakultas Pendidikan Psikologi

Faisal Yusuf Bakhtiar, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hengki Hermawan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wendy Dian Patriana, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Magister Pendidikan Dasar

Andi Arfianto, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Magister Pendidikan Dasar

Downloads

Submitted

2021-12-28

Accepted

2022-03-01

Published

2021-12-31

How to Cite

Wulandari, M. D., Hidayat, M. T., Sayekti, I. C., Rahmawati, F. P., Chusniyah, T., Hanurawan, F., … Arfianto, A. (2021). Pemberdayaan Guru Dalam Program Pendidikan Seks Terintegrasi Kurikulum Sekolah Dasar. Abdi Psikonomi, 2(4), 135–142. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.448

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.