Psikodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak

Authors

  • Rini Lestari UMS
    Indonesia
  • Kiara Amala Shabela UMS
    Indonesia
  • Nur Samsyah UMS
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.518

Keywords:

penyesuaian diri, psikodrama, anak panti asuhan

Abstract

Penyesuaian diri merupakan salah satu masalah yang dialami oleh kebanyakan anak yang baru tinggal di Pesantren Yatim Balita Adhsa. Ketidakmampuan anak dalam menyesuaiakan diri akan menghambat interaksi dengan lingkungan yang kemudian dapat berdampak pada proses tumbuh kembangnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak dapat menyesuaian diri adalah dengan bermain psikodrama. Dengan begitu mereka akan mulai mengenal siapa dan bagaimana lingkungan sekitar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai penyesuain diri pada anak serta memberikan intervensi yang sesuai yaitu bermain psikodrama. Bermain psikodrama dalam penelitian ini dilakukan melalui lima tahap yaitu pesiapan, asesmen awal, penyusunan intervensi, penentuan subjek dan pelaksanaan. Peserta psikodrama terdiri dari 11 orang dengan rentang usia mulai dari 8-10 tahun. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara serta menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sebelum bermain psikodrama anak-anak cenderung diam dan malu, akan tetapi setelah bermain psikodrama mereka lebih sering mengajak ngobrol dan bermain. Dengan demikian bermain psikodrama dapat membantu mengatasi permasalahan penyesuaian diri pada anak di Pesantren Yatim Balita Adhsa.

 

Kata kunci: penyesuaian diri, psikodrama, anak panti asuhan

 

Downloads

Submitted

2022-02-15

Published

2022-08-31

How to Cite

Lestari, R., Kiara Amala Shabela, & Nur Samsyah. (2022). Psikodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak. Abdi Psikonomi, 116–122. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.518

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.