Pengaruh Permainan Outbound terhadap Kemampuan Sosialisasi Siswa selama Pembelajaran Luring di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo

Authors

  • Mellina Agustina Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Berliana Mustika Nugraheni
  • Nazun Mar’atu Sholikhah
  • Lisnawati Ruhaena

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.723

Keywords:

Socialization Ability, Outbound, Early Childhood

Abstract

Abstrak

Selama peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring, terdapat anak yang kurang bisa bersosialisasi dengan temannya karena memang baru bertemu setelah melalui pembelajaran daring hanya di rumah saja, ada anak tunggal yang membuat anak belum memahami bagaimana berbaur dengan temannya, dan ada yang belum jelas dalam berbicara yang membuat anak kurang percaya diri berbaur dengan temannya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosialisasi pada Siswa TK A Al-Azhar Syifa Budi Solo melalui permainan outbound selama peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi non partisipan dan wawancara mendalam. Jumlah sampel dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah 10 orang anak terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Berdasarkan dari data observasi, intervensi kurang efektif untuk meningkatkan sosialisasi pada siswa TK-A Al-Azhar Syifa Budi di mana hanya terdapat perubahan perkembangan sosial yang dialami oleh beberapa anak saja.

Downloads

Submitted

2022-06-08

Published

2022-08-31

How to Cite

Agustina, M., Berliana Mustika Nugraheni, Nazun Mar’atu Sholikhah, & Lisnawati Ruhaena. (2022). Pengaruh Permainan Outbound terhadap Kemampuan Sosialisasi Siswa selama Pembelajaran Luring di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo. Abdi Psikonomi, 89–98. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.723

Issue

Section

Articles