Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Ketertarikan Belajar Menggunakan Powtoon

Authors

  • Farah Aulia Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ananda Rizki
  • Linda Pentiyani
  • Linda Pentiyani
  • Lisnawati Ruhaena

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.340

Keywords:

strategi, powtoon, ketertarikan belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menciptakan strategi belajar yang tepat untuk siswa selama pembelajaran daring (2) mengetahui manfaat powtoon dalam menumbuhkan ketertarikan belajar siswa. Penulis melakukan kegiatan magang di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo, kota Surakarta, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam kegiatan magang ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hal yang menjadi objek penelitian adalah strategi pengajar dalam memanfaatkan media untuk proses pembelajaran daring. Oleh karena itu, penulis mengangkat topik “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Ketertarikan Belajar Menggunakan Powtoon”. Powtoon adalah aplikasi komunikasi visual yang digunakan untuk membuat video animasi. Penulis mengangkat topik ini karena berdasarkan hasil kuesioner para guru belum mengenal aplikasi Powtoon. Hasil kuesioner menunjukkan adanya perubahan perilaku dimana para guru menjadi paham akan manfaat dari aplikasi powtoon yang merupakan indikator keberhasilan intervensi ini.

Downloads

Submitted

2021-07-13

Accepted

2021-09-15

Published

2021-08-31

How to Cite

Farah Aulia Rahmawati, Rizki, A. ., Pentiyani, L. ., Pentiyani, L. ., & Ruhaena, L. . (2021). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Ketertarikan Belajar Menggunakan Powtoon. Abdi Psikonomi, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.340

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.