Penguatan Kapasitas Pemasaran Online dan Green Marketing bagi UMKM Batik Jarum Klaten

Authors

  • Aysa Nur Cahyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aflit Nuryulia Praswati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Syakila Eka Putrisari Sabarwo Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.6466

Keywords:

Green Marketing, UMKM, eco print

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk memberdayakan desa melalui program batik ecoprint. Analisis situasi menunjukkan bahwa desa target memiliki potensi alam yang belum dimanfaatkan secara optimal dan kebutuhan ekonomi yang mendesak. Permasalahan utama meliputi kurangnya keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam dan terbatasnya akses pasar untuk produk lokal.

 

Metode yang digunakan dalam program ini mencakup pelatihan keterampilan pembuatan batik ecoprint dengan memanfaatkan dedaunan lokal sebagai bahan pewarna alami, serta pengembangan strategi pemasaran untuk memperluas jangkauan pasar. Selain itu, dilakukan pendampingan dalam pengelolaan usaha dan penyuluhan mengenai pentingnya praktik ramah lingkungan.

 

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan masyarakat dalam memproduksi batik ecoprint serta kesadaran mereka mengenai keberlanjutan lingkungan. Produk batik ecoprint berhasil dipasarkan ke pasar yang lebih luas, memberikan dampak positif terhadap pendapatan desa. Pembahasan mencakup analisis dampak ekonomi dan sosial dari program ini, serta rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut. Keseluruhan program telah menunjukkan potensi besar dalam pemberdayaan masyarakat desa dengan memadukan keahlian tradisional dan praktik ramah lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yaputra, H., Kurniawati, K., Risqiani, R., Lukito, N., & Sukarno, K. P. (2024, January). The Effect Of Green Marketing, Sustainable Advertising, Eco Packaging/Labeling Towards Green Purchasing Behavior (Study On Electric Vehicles In Indonesia). In International Conference On Entrepreneurship, Leadership And Business Innovation (ICELBI 2022) (Pp. 319-330). Atlantis Press.

Thakkar, R. (2021). Green Marketing And Sustainable Development Challenges And Opportunities. International Journal Of Management, Public Policy And Research, 1(1), 15- 23.

Cronin, J. J., Smith, J. S., Gleim, M. R., Ramirez, E., & Martinez, J. D. (2011). Green Marketing Strategies: An Examination Of Stakeholders And The Opportunities They Present. Journal Of The Academy Of Marketing Science, 39, 158-174.

Sartika, G. S. (2024). Kombinasi Green Marketing Dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian J. Co Donuts & Coffe Cabang Maju Bersama Katamso Medan.

D’Souza, C., Taghian, M., Lamb, P., & Peretiatkos, R. (2006). Green Products And Corporate Strategy: An Empirical Investigation. Society And Business Review, 1(2), 144–157

Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, Dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(2), 147–158.

Delviansyah, A. P. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan Dimediasi Oleh Green Purchase Intention Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada Gen Z Di Bandar Lampung) (Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Lestari, D., Asriani, A., Ningsih, N. W., Rosilawati, W., & Amrina, D. H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Dalam Perspektif Manajemen Islam. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 57-80.

Hartono, A., & Wahyono, W. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(2).

Wu, S. I., & Chen, Y. J. (2014). The Impact Of Green Marketing And Perceived Innovation On Purchase Intention For Green Products. International Journal Of Marketing Studies, 6(5), 81.

Rokhim, A. R. M., & Praswati, A. N. (2023). Analysis Of The Impact Of Digital Transformation On The Marketing Performance Of F&B Smes In Surakarta, Mediated By Business Model Innovation As A Support For Improving Marketing Performance In F&B Smes In Surakarta. Jurnal Ekonomi, 12(04), 555-561.

Praswati, A. N., Mukharomah, W., Sina, H. K., & Mafiana, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Batik Sekar Arum. Abdi Psikonomi, 216-221.

Downloads

Submitted

2024-08-28

Accepted

2024-11-29

Published

2024-10-30

How to Cite

Aysa Nur Cahyani, Aflit Nuryulia Praswati, & Sabarwo, S. E. P. (2024). Penguatan Kapasitas Pemasaran Online dan Green Marketing bagi UMKM Batik Jarum Klaten. Abdi Psikonomi, 5(2), 105–112. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.6466

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.