Implementasi Corporate Social Responsibility pada UMKM Percetakan dan Penerbitan Al-Qur'an Ma'sum Press

Authors

  • Rina Trisnawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Erma Setiawati
  • Wiyadi Wiyadi
  • Indah Permata Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.329

Keywords:

UMKM, , Pelatihan dan pendampingan, , CSR

Abstract

Kesadaran Pelaku UMKM  dalam menerapkan CSR merupakan tantangan bagi akademisi untuk sebagai implementasi dari pelaksanaan Undang Undang  Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas,  PP no 47 tahun 2012 dan Permensos no 13 tahun 2012. Aturan dan pedoman terkait juknis dari implementasi UU tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh pelaku UMKM, salah satunya UMKM Percetakan dan Penerbitan Al-Qur'an Ma'sum Press. Untuk memecahkan masalah yang dihadapi UMKM tentang implementasi CSR menggunakan metode pre-service, pelaksanaan dan pendampingan serta post service. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian pelatihan dan pendampingan terkait bagaimana implementasi kegiatan CSR yang telah dilakukan UMKM Percetakan dan Penerbitan Al-Qur'an Ma'sum Press.terdokumentasi dengan baik dan secara aspek keuangan, besarnya dana yang dialokasikan untuk kegiatan kegiatan sosial sudah tercatat dengan baik sehingga dapat memenuhi ketentuan perundang undangan mengenai CSR.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2021-07-01

Accepted

2021-07-11

Published

2021-08-31

How to Cite

Trisnawati, R., Setiawati, E. ., Wiyadi, W., & Permata Dewi, I. . (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility pada UMKM Percetakan dan Penerbitan Al-Qur’an Ma’sum Press. Abdi Psikonomi, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.329

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.