Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN Mas Di Desa Malaka Lombok Utara)
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.410Keywords:
Inivasi, UMKM, Sate Ikan Mentigi, Ekonomi Kreatif, KKNMAsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan efektivitas pengelolaan dan pengembangan UMKM sate ikan Mentigi berbasis ekonomi kreatif dengan memaksimalkan pemasaran melalui digital marketing termasuk social media. (2) melahirkan Inovasi baru sate ikan mentigi (3) mempermudah produksi sate ikan Mentigi frozenfood dengan melakukan penyediaan alat produksi dan melakukan uji lab nilai gizi terhadap produk. Penulis merupakan peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) yang bertempat di desa Malaka Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Penulis mengangkat program “Inovasi Pengembangan UMKM Sate Ikan Mentigi Berbasis Ekonomi Kreatif (KKN MAs di Desa Malaka Lombok Utara)”. program tersebut diangkat karena hasil observasi menunjukan bahwa di desa malaka terdapat ekowisata pantai, sehingga sebagian besar masyarakat Malaka berprofesi sebagai nelayan, pengelola wisata dan pedagang, namun pada tahun 2018 terjadi gempa Lombok yang mengakibatkan penurunan skala mikro di bidang ekonomi kemudian di tahun berikutnya terjadi pandemi covid-19 yang turut menggoyangkan perekonomian masyarakat, maka perlu adanya inovasi pengembangan UMKM guna memperkuat pondasi ekonomi masyarakat.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rahmi Fadillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.