Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Penerima Manfaat Di Panti Pelayanan Sosial Taruna Yodha Sukoharjo

Authors

  • Rini Lestari UMS
    Indonesia
  • Indah Novita Sari
  • Rizki Aulia Rahmah

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i3.371

Keywords:

kepercayaan diri, konseling kelompok, penerima manfaat

Abstract

Kepercayaan diri rendah merupakan salah satu masalah yang dialami oleh penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Taruna Yodha Sukoharjo. Kepercayaan diri yang rendah akan membuat PM kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dan kurang optimal memanfaatkan potensi yang dimiliki. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan konseling kelompok. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Taruna Yodha Sukoharjo melalui konseling kelompok. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu koordinasi dan asesmen awal, penentuan subjek sasaran, persiapan, pelaksanaan konseling kelompok dan analisis data. Peserta konseling kelompok adalah 12 orang PM laki-laki, dengan rentang usia ± 14 -19 tahun dan berasal dari peminatan jurusan bengkel, komputer, las dan menjahit. Konseling diberikan sebanyak 1 kali selama 120 menit, terbagi dalam 2 kelompok yang masing-masing diikuti oleh 6 orang PM. Sebelum dan setelah proses konseling tingkat kepercayaan diri peserta diukur dengan skala kepercayaan diri. Hasilnya menunjukkan bahwa kepercayaan diri PM di PPS Taruna Yodha Sukoharjo meningkat setelah diberikan konseling kelompok. Dengan demikian konseling kelompok dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan diri PM dan membantu mengatasi permasalahan psikologis yang lain.

 

Kata kunci: kepercayaan diri, konseling kelompok, penerima manfaat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2021-08-30

Published

2021-10-30

How to Cite

Lestari, R., Sari, I. N. ., & Rahmah, R. A. . (2021). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Penerima Manfaat Di Panti Pelayanan Sosial Taruna Yodha Sukoharjo. Abdi Psikonomi, 2(3), 170–178. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i3.371

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.