Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Batik Sekar Arum

Authors

  • Aflit Nuryulia Praswati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mabruroh Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Wafiatun Mukharomah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Helmia Khalifah Sina Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Della Mafiana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1399

Keywords:

Instagram, Video, Pemasaran Digital

Abstract

Kemajuan teknologi dewasa ini semakin pesat, seiring berkembangnya teknologi maka perkembangan perdagangan akan semakin maju. Kemajuan teknologi sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Inovasi pada teknologi muncul untuk memberikan manfaat positif seperti memberikan kemudahan sebagai cara baru untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Termasuk teknis pemasaran, yang awalnya secara konvensional namun sekarang ini teknis pemasaran dilakukan secara online melalui media sosial seperti Instagram. Pengabdian masyarakat ini bermitra dengan UMKM Batik Sekar Arum yang berlokasi di Pajang, Laweyan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka melalui konten video yang diunggah di Instagram. Kegiatan ini dilaksanakan secara klasikal dengan wawancara dan praktek langsung dengan pelaku UMKM dalam pembuatan video pemasaran. Luaran kegiatan ini akan menghasilkan video pemasaran yang akan diunggah di media sosial batik sekar arum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Jung, J., Kim, S. J., & Kim, K. H. (2020). Sustainable marketing activities of traditional fashion market and brand loyalty. Journal of Business Research, 120, 294–301. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.04.019

Nurfitriya, M., Fauziyah, A., Koeswandi, T. A. L., Yusuf, I., & Rachmani, N. N. (2022). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya. Acitya Bhakti, 2(1), 57. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14618

Oktaviani, L., Suaidah, Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 379–385.

Porter, M. E., 1998. Competitive Advantage: Creating & Sustaining Superior Performance. New York: Free Press.

Rangkuti, F., 2002. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Robinson, P., 2001. Strategic Management: Formulation, Implementation and Control. Seventh edition. McGraw. Hi ll Book International. National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018, 176–189.

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Dedikasi Pkm, 2(3), 307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

suandoyo doni. (2022). Pentingnya Digital Marketing. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154–162. https://www.viva.co.id/vstory/lainnya-vstory/1412100-pentingnya-digital-marketing?page=2&utm_medium=page-2

Downloads

Submitted

2022-12-25

Accepted

2022-12-27

Published

2022-12-29

How to Cite

Praswati, A. N., Mabruroh, Wafiatun Mukharomah, Helmia Khalifah Sina, & Della Mafiana. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Batik Sekar Arum. Abdi Psikonomi, 3(4), 216–221. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1399

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.