Peningkatan Skill Branding Social Media dalam Pengembangan Dakwah yang Produktif
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1790Keywords:
: Branding, Media Sosial, Konten Instagram, Nasyiatul AisyiyahAbstract
Pelatihan branding media sosial diperlukan agar masyarakat memiliki sikap kritis dalam menyikapi setiap informasi dan interaksi ditengah perkemabangan teknologi digital yang masive. Permasalahan yang dihadapi di kader Nasyiatul Aisyiyah Delanggu adalah kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam penggunaan media sosial yang efektif dan optimal bagi para kader NA; minimnya pemanfaatan media sosial dan digital untuk menunjang kegiatan komunikasi dan dakwah ; kurangnya ketrampilan sdalam pembuatan konten-konten kreatif melalui media sosial sebagai media dakwah persyarikatan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah (1) Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang branding media sosial bagi kader NA Delanggu, (2) Meningkatkan ketrampilan dan kreatifitas pembuatan konten di instagram ; (3) Optimalisasi pemanfaatan media sosial dan digital untuk meningkatkan produktivitas Nasyiah di Delanggu. Solusi permasalahan yang dilaksanakan adalah memberika pelatihan branding media sosial, pembuatan konten menarik melalui instagram sebagai media promosi maupun dakwah persyarikatan. Hasil pendampingan adalah peserta dapat melakukan branding media sosial melalui pembuatan konten kreatif yang informatif dan bermanfaat melalui instagram serta dapat mengoptimalisasi pemanfaatan media sosial untuk media dakwah persyarikatan dan meningkatakan produktivitas kader Nasyiah
Downloads
References
APJII. (2017). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Apjii, 51.
Azman. (2018). Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi. Jurnal Peurawi, Vol. 1(No., 117.
Burhan, F. A. (2020). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona. Katadata.Co.Id.
Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan fitur media sosial Instagram dalam membangun personal branding Miss International 2017. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 57. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23365
Khairil Hamdi, Dorris Yadewani, R. W. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha. 1(09068203), 73–77.
M. Surip, Elly Prihasti W, R. B. (2020). Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.
Mangifera, L., & Mawardi, W. (2022). Digital Transformation and Its Impact on Financial Performance: in the Food and Beverage Small Business Sector. Proceding International Conference On Business & Social Sciences, 49–61.
Pratiwi, N., & Nola, P. (2019). Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja Nani. Jurnal IIlmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1–24.
Ramadhan, F. M., & Mangifera, L. (2022). The Strategy for Developing SMEs For Palm Fiber Craftsmen After The Pandemic In The Village Of Bontokassi. Prosiding Webinar …, 1. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/abdimas/article/download/1475/1439
Silfa Dwi, & Mangifera, L. (2022). Community Empowerment In The Manufacturing Of Corn Processed Food Towards Economic Independence In Sawakong Village, Sulawesi. Webinar Abdimas, 1, 76–82.
Sugihartati, R. (2014). Perkembangan masyarakat informasi & teori sosial kontemporer. Kencana.
Tumanggor, R. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liana Mangifera, L”aisya Layun Humaira, Rilo Fajar Marita, Pertiwi Ratnaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.