About Journal
BULETIN LITERASI BUDAYA SEKOLAH merupakan buletin daring berkategori akses terbuka yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan dipublikasikan oleh Muhammadiyah University Press (MUP).

Program Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang harus didukung. Salah satu bentuk dukungan untuk menyukseskan gerakan tersebut adalah dengan mewadahi keluaran aktivitas-aktivitas pendukung GLN dalam bentuk karya ilmiah yang diterbitkan dalam buletin ini.

Buletin ini menerbitkan karya ilmiah yang merupakan keluaran kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS) yang terdiri atas enam literasi dasar, yaitu literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

Secara spesifik, Buletin Literasi Budaya Sekolah ini juga menerima artikel ilmiah keluaran Program Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) dan Magang Observasi Persekolahan. Topik pembahasan artikel yang diterbitkan mencakup kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah, kegiatan-kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

ISSN: 4567-8654 (Print)

ISSN: 2721-8422  (Online)

Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Alamat Editorial: Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57162

Telepon: (0271) 717417 Eks. 2197 | 2130

Email: blbs@ums.ac.id

Terbitan Pertama: 2019