Mengelola Emosi Saat Mendampingi Anak Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Lisnawati Ruhaena Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Permata Ashfi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rizqi Zulfa Qatrunnada Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nabilah Dita Silviana
  • Aprilia Firdaus
  • Farah Aulia Rahmawati
  • Ummu Kaltsum

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1368

Keywords:

Pembelajaran jarak jauh; Mengelola emosi; Covid 19; Orang tua; Pendampingan anak

Abstract

Perubahan sistem pendidikan yang awalnya dilakukan secara tatap muka, saat ini harus dilakukan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh mengharuskan orang tua turut serta mengawasi anak selama pembelajaran berlangsung. Pengawasan tersebut kemudian menimbulkan stres dan ketidakmampuan mengelola emosi pada orang tua. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa ... Program pengabdian masyarakat berupa webinar ini dilaksanakan untuk membantu orang tua dan tenaga pendidik mengelola emosi selama pembelajaran jarak jauh. Webinar berisi materi tentang emosi serta bagaimana mengelola emosi tersebut menggunakan berbagai teknik.  Webinar berlangsung dengan lancar dan mampu memberikan insight kepada peserta.

References

Apriatama, D., Aldo, A. P., Aldi, A. P., & Theo, C. T. (2021). Analisis Kecerdasan Emosional Orangtua untuk Mendampingi Anak dalam Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1).

Damirchi, E. S., Mojarrad, A., Pireinaladin, S., & Grjibovski, A. M. (2020). The role of self-talk in predicting death anxiety, obsessive-compulsive disorder, and coping strategies in the face of coronavirus disease (COVID-19). Iranian journal of psychiatry, 15(3), 182.

Fogaca, J. L. (2021). Combining mental health and performance interventions: Coping and social support for student-athletes. Journal of Applied Sport Psychology, 33(1), 4–19. https://doi.org/10.1080/10413200.2019.1648326

Gross, J.J., 1998, The emerging field of emotion regulation: an integrative review. Rev. Gen. Psychol. 2 (3), 271.

Gross, J.J., 2013. Emotion regulation: taking stock and moving forward. Emotion 13 (3), 359.

Gross, J.J., Thompson, R.A., 2007. Emotion Regulation: Conceptual Foundations. Implications for affect, relationships, and well-being. J. Pers. Soc. Psychol. 85 (2), 348

Jatmiko, B., Kawengian, S. E. E., & Kapoyos, B. W. S. (2020). Manajemen Emosi di Masa Pandemi: Sebuah Refleksi dari Mazmur 56. Strategies, 42(3), 232-235.

Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., ... & Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The lancet, 395(10223), 497-506.

Lutfiah, S., Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Dealektik. Vol. 2 (2) 2655-8491.

Li, Y., Wang, N., &, Li, B. (2020). Influence of Enterprise Management Model on Emotional Management and Turnover Frequency. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 9(2), 990-1000. DOI: 10.24205/03276716.2020.338.

Lydia E.K., Y.S . (2017). Peran Konseling Individu dengan Pendekatan Eklektik dalam Meningkatkan Kemampuan Manajemen Emosi pada Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Medikons, 3(2). Url : http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/mdk/article/view/2046

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 869-877.

Manizar HM, E. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib, 2(2), 198-213. Url : http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1168

Moore, M. F., Montgomery, L., & Cobbs, T. (2021). Increasing student success through in-class resilience education. Nurse Education in Practice, 50, 102948. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102948

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201.

Raihana, R. (2020). Upaya Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah (Dampak Pandemi Covid 19). Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 132-142.

Rosidah, N. S. (2021, April). Strategi Management Stress Orangtua Selama Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura (Vol. 1, No. 1).

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 471-479).

Walter, N., Nikoleizig, L., & Alfermann, D. (2019). Effects of self-talk training on competitive anxiety, self-efficacy, volitional skills, and performance: An intervention study with junior sub-elite athletes. Sports, 7(6), 148.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304-1312.

Williams, L. J., & Anderson, S. E. 1991. Job satisfaction and organizational commitment as predictors of organizational citizenship and in-role behaviors. Journal of Management, 17: 601-618.

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/04/15364621/kasus-orangtua-aniaya-anak-saat-belajar-online-kembali-terekspos?page=all

Downloads

Submitted

2022-12-19

Accepted

2023-05-30

Published

2023-07-19

How to Cite

Lisnawati Ruhaena, Permata Ashfi, Qatrunnada, R. Z., Nabilah Dita Silviana, Aprilia Firdaus, Farah Aulia Rahmawati, & Ummu Kaltsum. (2023). Mengelola Emosi Saat Mendampingi Anak Pembelajaran Jarak Jauh. Abdi Psikonomi, 14–23. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1368

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.