Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Nalar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.86Keywords:
anak usia dini, daya nalar, educational parenting, role playAbstract
Pendidikan anak usia dini mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam suatu bangsa. Lingkungan keluarga menjadi lingkungan awal (primary reference group) bagi seorang anak untuk belajar karena sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama dengan orang tua, sehingga peran orang tua sangat besar dalam perkembangan daya nalar anak. Kemampuan daya nalar berhubungan dengan tingkat kecerdasan/intelektual dan pengetahuan. Namun demikian, belum semua orangtua paham dan trampil dalam mendidik serta meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini. Pengabdian masyarakat ini disusun dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk educational parenting, dengan metode sosialisasi langsung, diskusi dan role-play. Sasaran pengabdian masyarakat adalah orangtua/wali murid BA Aisyiyah Krajan Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Setelah dilaksanakan educational parenting orang tua lebih memahami tentang pentingnya peran orangtua dalam meningkatkan kemampuan daya nalar anak usia dini dan akan menerapkan apa yang diperoleh dalam educational parenting untuk mendampingi anak dalam belajar.
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.