Melalui Dongeng Kisah Nabi: Pendekatan Psikologi Anak untuk Menanamkan Nilai Moral dan Spiritual

Authors

  • Laila Oshiana Fitria A'zizah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ovi Itsnaini Ulynnuha Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lintang Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dewita Puspawati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fajar Kholillulloh Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Prasetyo Aji Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Fuad Hudaya Fatchan Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.7284

Keywords:

dongeng kisah nabi, psikologi anak, nilai moral, panti asuhan, pendidikan spiritual

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan menanamkan nilai moral dan spiritual kepada anak-anak yatim dan dhuafa di Panti Asuhan Muhammadiyah Kaligesing, Purworejo, melalui metode mendongeng kisah nabi yang didukung pendekatan psikologi anak. Metode pelaksanaan mencakup observasi awal, pelatihan mendongeng bagi pengasuh, sesi mendongeng interaktif dengan anak-anak, serta evaluasi berkelanjutan. Sesi mendongeng yang menggunakan media visual dan cerita bermuatan nilai moral seperti kejujuran dan tanggung jawab berhasil meningkatkan minat baca dan pemahaman nilai spiritual anak-anak. Pelibatan pengasuh melalui pelatihan mendukung kesinambungan program, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dan keterampilan mendongeng mereka. Evaluasi mengindikasikan adanya perubahan positif pada perilaku anak, seperti peningkatan empati dan disiplin, serta lingkungan psikologis yang lebih mendukung. Secara keseluruhan, program ini berkontribusi pada penguatan karakter anak melalui pendidikan moral dan spiritual yang terintegrasi, sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan di bidang pendidikan berkualitas dan pengurangan ketidakadilan sosial.

Kata Kunci : dongeng kisah nabi, psikologi anak, nilai moral, panti asuhan, pendidikan spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A. P., Rispawati, R., Sawaludin, S., & Ismail, M. (2022). Internalisasi Nilai Moral Melalui Inkulkasi Di MTs Darul Hikmah Tente Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2317–2323. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.955

Laksita, A. (2023). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7665–7673. https://doi.org/10.54371/ jiip.v6i10.2306

Laksono, A. D., & Wulandari, R. D. (2019). “Anak Adalah Aset”: Meta Sintesis Nilai Anak Pada Suku Lani Dan Suku Aceh. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(1), 11–20. https://doi. org/10.22435/kespro.v10i1.933

Mangundap, D. (2023). Resepsi Nilai-Nilai Moral Dalam Puisi “Sajak Kepada Bung Dadi” Karya Wiji Thukul Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bitung. Kompetensi, 2(12), 1856–1864. https://doi.org/10.53682/kompetensi. v2i12.4957

Nuraeni, S. (2023). Nilai Moral Dalam Film “Orang Kaya Baru.” LRJ, 1(1), 61–74. https://doi. org/10.51817/lrj.v1i1.390

Nursiswati, N., Anggraeni, S. R., Rubiyanti, Y., Sari, D. S., & Fitri, S. U. R. (2022). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Psikologis Pada Anak Dan Remaja Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Virtual Konseling. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(8), 2363–2376. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6493

Parlindungan, R. A. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Anak Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Seksual Di Kota Admnistrasi Jakarta Timur. Comserva Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(08), 2955–2966. https://doi.org/10.59141/comserva. v3i08.1096

Prastya, C., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.21067/jibs.v8i2.6259

Ramadhanty, D. M. (2020). Penerapan Healing Environment Pada Ruang Landscape Pusat Rehabilitasi Sosial Anak Korban Kekerasan. Desa, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.34010/ desa.v1i2.7774

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi Dan Psikologi. Ijip Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267–289. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289

Syihabuddin, S. (2019). Spiritual Value Internalization Strategy in Perspective of Senior High School Teachers and Students in Kabupaten Bandung Barat. Al-Tsaqafa Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(2), 247–254. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i2.6565

Takwin, B. (2021). Catatan Editor: Mengembangkan Penelitian Tentang Tingkah Laku Prososial Dan Altruisme. Jurnal Psikologi Sosial, 19(1), 3–6. https://doi.org/10.7454/jps.2021.02

Tambaip, B. (2023). Dampak Positif Kebijakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dalam Menangani Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Musamus Journal of Public Administration, 5(2), 410–420. https://doi.org/10.35724/mjpa. v6i1.5144

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Submitted

2024-11-24

Accepted

2024-11-29

Published

2024-10-30

How to Cite

Laila Oshiana Fitria A’zizah, Ovi Itsnaini Ulynnuha, Lintang Kurniawati, Dewita Puspawati, Fajar Kholillulloh, Nur Prasetyo Aji, & Fuad Hudaya Fatchan. (2024). Melalui Dongeng Kisah Nabi: Pendekatan Psikologi Anak untuk Menanamkan Nilai Moral dan Spiritual. Abdi Psikonomi, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.7284

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.