Workshop Penguatan Asistensi Pembelajaran Robotik Berbasis Komunitas Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8582Keywords:
robotik, digital, asistensi pembelajaran, komunitas madrasahAbstract
Pengabdian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Bendo Program Khusus (PK) Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah yang berdedikasi menjadi madrasah perkotaan berbasis pedesaan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan pembina kelas robotik berbanding dengan animo murid terhadap kelas robotik. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah (a) mengidentifikasi pribadi-pribadi fasilitator pembelajaran robotik dan (b) menguraikan asistensi produktif komunitas dalam pelaksanaan pembelajaran robotik. Metode pengabdian ini adalah dengan workshop robotik dan brainstorming. Hasil pengabdian ini adalah terbentuknya kloter asistensi pembelajaran robotik
Downloads
References
Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109
Agung, Y. R. (2013). Meningkatkan kesadaran perilaku sehat berbasis komunitas. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 10(2).
Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). DESA DAN KOTA DALAM POTRET PENDIDIKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, Bali.
Faridawati, F. F., Minarto, E., Istiana Wati, I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik Untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Spekta (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 85. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826
Isa, M., Aflit Nuryulia Praswati, Evi Kurnia Sari, & Kesha Dewi Nur Ramadani. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial MIM PK Wirogunan. Abdi Psikonomi, 77–83. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2173
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Praswati, A. N., Imronudin, I., Ardiyantiningsih, V., & Fatah, M. Y. A. (2020). Pelatihan Digital Bagi Siswa MIM Pondok Klaten. Abdi Psikonomi, 111–119. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.177
Satriana, A. (2021). Best Practise Meningkatkan Literasi Teknologi dan Sain Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Stem. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 184–193. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.488
Setyowati, E., Maulidiyah Ih, Soepatini, Muhammad Arif, MaulidSitti Retno Faridatussalam, Habib Bachtiar, Riana Rika Rohmatin, & Murni Asliyana. (2022). Pendampingan Digital Marketing SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Menuju Branding Sekolah Berkarakter. Abdi Psikonomi, 10–20. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v3i1.996
Skobelev, P. O., & Borovik, S. Yu. (2017). On The Way From Industry 4.0 To Industry 5.0: From Digital Manufacturing To Digital Society. Industry 4.0, 2(6), 307–311.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Nurrohim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






