Workshop Penguatan Asistensi Pembelajaran Robotik Berbasis Komunitas Madrasah

Authors

  • Ahmad Nurrohim Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Yuliana Habibi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Annisa' Yasfa Azzahra Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8582

Keywords:

robotik, digital, asistensi pembelajaran, komunitas madrasah

Abstract

Pengabdian ini  dilakukan  berdasarkan  permasalahan  yang  dihadapi  oleh  Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah  (MIM) Bendo Program  Khusus (PK) Nogosari, Boyolali,  Jawa  Tengah yang berdedikasi menjadi madrasah perkotaan berbasis pedesaan. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan pembina kelas robotik berbanding dengan animo murid terhadap kelas robotik.  Tujuan dari  kegiatan  pengabdian  ini  adalah  (a) mengidentifikasi pribadi-pribadi fasilitator pembelajaran robotik dan (b) menguraikan asistensi produktif komunitas dalam pelaksanaan pembelajaran robotik. Metode pengabdian ini  adalah  dengan  workshop robotik dan brainstorming. Hasil pengabdian ini adalah terbentuknya kloter asistensi pembelajaran robotik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i1.2109

Agung, Y. R. (2013). Meningkatkan kesadaran perilaku sehat berbasis komunitas. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 10(2).

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). DESA DAN KOTA DALAM POTRET PENDIDIKAN. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, Bali.

Faridawati, F. F., Minarto, E., Istiana Wati, I., Sutrisno, S., & Hakim, L. (2020). Pembelajaran Robotik Untuk Mempersiapkan Generasi Muda Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Spekta (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 1(2), 85. https://doi.org/10.12928/spekta.v1i2.2826

Isa, M., Aflit Nuryulia Praswati, Evi Kurnia Sari, & Kesha Dewi Nur Ramadani. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial MIM PK Wirogunan. Abdi Psikonomi, 77–83. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2173

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Praswati, A. N., Imronudin, I., Ardiyantiningsih, V., & Fatah, M. Y. A. (2020). Pelatihan Digital Bagi Siswa MIM Pondok Klaten. Abdi Psikonomi, 111–119. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i2.177

Satriana, A. (2021). Best Practise Meningkatkan Literasi Teknologi dan Sain Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Stem. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 184–193. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.488

Setyowati, E., Maulidiyah Ih, Soepatini, Muhammad Arif, MaulidSitti Retno Faridatussalam, Habib Bachtiar, Riana Rika Rohmatin, & Murni Asliyana. (2022). Pendampingan Digital Marketing SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan Menuju Branding Sekolah Berkarakter. Abdi Psikonomi, 10–20. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v3i1.996

Skobelev, P. O., & Borovik, S. Yu. (2017). On The Way From Industry 4.0 To Industry 5.0: From Digital Manufacturing To Digital Society. Industry 4.0, 2(6), 307–311.

Downloads

Submitted

2025-02-04

Accepted

2025-03-22

Published

2024-12-31

How to Cite

Nurrohim, A., Yuliana Habibi, & Annisa’ Yasfa Azzahra. (2024). Workshop Penguatan Asistensi Pembelajaran Robotik Berbasis Komunitas Madrasah. Abdi Psikonomi, 5(3), 141–146. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8582

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.