Penerapan Sistem Belajar yang Efektif dengan Program Mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna
Keywords:
Efektif;BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran efektif merupakan sebuah proses perubahan seseorang dalam tingkah laku dari hasil pembelajaran yang ia dapatkan dari pengalaman dirinya dan dari lingkungannya yang membawa pengaruh, makna, dan manfaat tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem belajar yang efektif dengan program mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna. Implementasi Mentoring di Rumah Baca Qura’an Ummu Hasna yang terus bertumbuh berhasil meningkatkan kemampuan diri siswa dalam menyesuaikan dirinya dengan perubahan-perubahan yang berkembang dan mau mendengarkan arahan guru serta orang yang berkepentingan lainnya, serta meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan data yang tepat. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, Analisis data penelitian ini dilakukan dengan empat jalur yang bersamaan yaitu : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Downloads
References
Boston: Allyn & Bacon. Kyriacou, C. 2009. Effective Teaching in Schools: Theory and Practice.Third Edition. Delta Place, Cheltenham. UK: Nelson Thornes Ltd.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Joyce, B., & Weil, M., & Calhoun, E. .2003. Models of Teaching (7th ed.).
Lavine, R. 2005. Guided Discovery Learning with Videotaped Case Presentation in Neurobiology. JIAMSE. 16 (1), 4-7.
Palennari, M. 2011. Potensi Strategi Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahapeserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 26-33.
Passer, Michael W dan smith. 2009. Psychology The Science Of Mind And Behavior Third Edition
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.
Ritonga, Fajar Utama & Dilena , Helga. 2022. Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora. e-ISSN 2655-9730, p-ISSN 2962-6692, Vol. 1 No. 1
Setyosari, Punaji. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 1, Oktober.
Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian.Cetakan ke-26. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Virginia, A., Retno, S., & Endah, P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Tumbuhan terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Biologyy Education. 4(3), 269.
Wahyudi, Hidayatul. 2011. Model Belajar Efektif Menurut K.h Muhammad Idris Jauhari ( Analisis Pemikiran Pengasuh Pondok Pesanteren Al-Amien Prenduan Sumenap Madura). Skripsi: Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Wenning, C. J. 2005. Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Phisics Theacher Education Online, 2(3), 3-11.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajar Utama Ritonga, Erni Asneli Asbi, Raden Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.