Pelatihan Metode Mus?baqah Bi??qah Mukhtali?ul Kalimah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darusy Syahadah Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i1.290Keywords:
pelatihan, Metode Musābaqah Biṭāqah Mukhtaliṭul Kalimah (MBMK), bahasa arabAbstract
Strategi/metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Kesalahan dalam pememilihan strategi/metode pembelajaran dapat menjadi penghambat jalannya kegiatan belajar mengajar (KBM). Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat ditekankan di pondok pesantren Darusy Syahadah. Kemampuan bahasa Arab bagi seorang santri ibarat sebuah senjata yang akan mereka gunakan dalam pertempuran mencari dan mendalami ilmu-ilmu syar’i. Namun dalam perjalanannya ditemukan beberapa problematika dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya yaitu munculnya rasa kantuk dan bosan yang menimpa siswa saat mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Dengan persoalan tersebut maka perlu adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini guna menciptakan suasana belajar yang lebih kreatif dan menarik bagi siswa. Tujuan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini ialah untuk melakukan pendampingan dalam pengaplikasian metode Mus?baqah Bi??qah Mukhtali?ul Kalimah dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode pelaksanaan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, dan terakhir tahap refleksi. Dengan penerapan metode Mus?baqah Bi??qah Mukhtali?ul Kalimah terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan semangat belajar siswa yang berimbas pada meningkatnya hasil belajar siswa. Maka pengembangan pada metode Mus?baqah Bi??qah Mukhtali?ul Kalimah maupun metode pembelajaran active learning lainnya sangat diperlukan agar dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Downloads
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 The Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.