Pelatihan Manajemen Diri Untuk Mengurangi Perilaku Agresivitas Verbal pada Siswa SMP X di Surakarta

Authors

  • Siti Rabiatul Adawiyah Idris Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Lisnawati Ruhaena Magister Psikologi, Unversitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Intan Mukharomah Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Indhyra Hennifa Nurrochmah Magister Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8047

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresivitas verbal pada siswa SMP melalui pelatihan manajemen diri. Subjek dalam pengabdian masyarakat ini yaitu 10 siswa SMP X di Surakarta yang dipilih berdasarkan hasil catatan guru BK yang menunjukkan bahwa siswa tersebut melakukan perilaku agresivitas verbal dengan frekuensi paling banyak. Alat ukur yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Verbal Aggressiveness Scale (VAS) untuk memberikan pretetst dan juga posttest. Analisis data menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) dengan uji statistik Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan terjadi penurunan secara signifikan rata-rata perilaku agresivitas verbal 75.90 menjadi 49.90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan manajemen diri secara signifikan dapat mengurangi perilaku agresivitas verbal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliasari, R. D., & Zulfiana, U. (2019). Hubungan antara self-management dengan perilaku agresi pada siswa SMA. Cognicia, 7(3), 308-320.

Anantasari. (2006). Menyikapi perilaku agresif anak. Yogyakarta: Kanisius.

Aridhona, J., & Setia, R. D. (2022). Perilaku agresi verbal pada remaja. Psikovidya, 26(1), 11-15.

Astuti, S. (2018). Penerapan Teknik Self-Management dalam mengurangi tingkat perilaku agresif siswa. Jurnal Kampus Mahasiswa UNM.

Bandura, (2011). Social Learning Theory. Prentice - Hall

Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi kesepuluh: jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Berkowitz, L. (2003).Agresi 1.Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Buulolo, B. (2023). Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 2(1), 9-22.

Corey, G. (2013). Theory and practice of counseling and psychotherapy, ninth edition. Belmont. Brooks/ cole, cengange learning

Devina, S. C., & Pratikto, H. (2022). Kematangan emosi dan perilaku agresi verbal pada remaja di komunitas game online. Inner: Journal Of Psychological Research, 2(1), 87-95.

Dewi, P. A. A. A. (2023, August). The Role of Counseling in Controlling Verbal Abuse Behavior in Elementary Schools. In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) (pp. 244-258). Atlantis Press.

Gustryanti, K., Martani, R. W., & Kholik, A. (2022). Hubungan Antara MOBA Game Addiction dengan Perilaku Verbal Abuse pada Remaja di SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang. Jurnal Kesehatan Kartika, 17(3), 114-123.

Hasanah, N. A., Ridani, M. N., Jannah, Q. F., & Sa’dah, R. T. (2024). Tinjauan Urf dan Hadis Terhadap Tendensi Umpatan Kasar: Perspektif Sosio-kultural di Lingkungan Akademis. ATLAS: Journal of Research and Islamic Thought Studies, 2(1).

Infante, D. A., & Wigley, C. J. (1986). Verbal Aggressiveness: An Interpersonal Model and Measure. Communication Monographs, 5(3), 63-69.

Juhi, Z., Komaruddin, K., & Jannati, Z. (2023). Konseling Indvidu dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Santri (Studi Kasus Klien “A” Yang Menjadi Korban Broken Home). Educational Journal: General and Specific Research, 3(2), 246-257.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. 2016. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Monks, F., Knoers, A. M. & Haditono, S.,(2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Ns, R., Jaya, W. S., & Murni, S. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa di Sekolah SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 4(2), 1-8.

Saâ, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2016). Penerapan teknik self management untuk mereduksi agresifitas remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 67-78.

Santrock J.W (2007). Edisi Remaja 11. Jilid 2. Jakarta:Erlangga

Sekar, P. R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas remaja. Psyche 165 Journal, 27-31.

Tambunsaribu, G. (2023). Pandangan para Orangtua terhadap Penggunaan Kata Kasar oleh Anak Remaja. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 67-75.

Yahya, A. D., & Megalia, M. (2017). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133-146.

Downloads

Submitted

2025-01-04

Accepted

2025-03-22

Published

2024-12-31

How to Cite

Idris, S. R. A., Lisnawati Ruhaena, Nur Intan Mukharomah, & Indhyra Hennifa Nurrochmah. (2024). Pelatihan Manajemen Diri Untuk Mengurangi Perilaku Agresivitas Verbal pada Siswa SMP X di Surakarta . Abdi Psikonomi, 5(3), 164–176. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i3.8047