Pembentukan Mental Berwirausaha dan Cerdas Keuangan Melalui Penyuluhan Interaktif pada Siswa di SMK 5 Muhammadiyah Karanganyar

Authors

  • Fuad Hudaya Fatchan Univesitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Candra Kusuma Wardana Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Handy Nugraha Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Laila Oshiana Fitria A’zizah Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1387

Keywords:

Kewirausahaan, locus of control, efikasi diri, intensi berwirausaha

Abstract

Sampai saat ini sebagian besar penduduk Indonesia masih terpola pada kebiasaan untuk mencari kerja bukan menciptakan kerja. Tentu saja persoalan ini akan selalu menjadi masalah bagi negara. Kita dapat membayangkan apa yang akan terjadi jika seluruh penduduk usia kerja hanya menggantungkan diri untuk mencari kerja. Untuk keluar dari persoalan itu tertuju pada wirausaha karena wirausaha dinilai dapat mendorong terciptanya lapangan kerja baru, peningkatan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Sikap mental wirausaha merupakan motor penggerak dalam pembangunan negara dalam hal memajukan ekonomi bangsa dan negara, meningkatkan taraf hidup masyarakat, ikut mengurangi pengangguran dan membantu mengentaskan kemiskinan. Siswa SMK diharapkan untuk mampu menjadi wirausaha baru karena dibekali mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang menuntut siswa menguasai teori maupun praktik wirausaha. Pengabdian masyarakat dilakukan di SMK 5 Muhammadiyah Karanganyar dengan peserta 30 siswa yang bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan minat berwirausaha serta manajemen keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amadea & I Gede Riana (2020), Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pengendalian Diri,Dan

Lingkungan Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha, E-Jurnal Manajemen, Vol. 9,

No. 4, 2020 : 594-1613 ISSN : 2302-8912

Badan Pusat Statistik 2019. Data Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2019. Bali. Baum,

J.R., Frese, M. & Baron., R.A. 2007. The Psychology of Entrepreneurship. Mahwah,

New Jersey: Lawrence Erlbaum Publishers.

Bustan, J. 2014. Pengaruh Prestasi, Locus of Control, Resiko, Toleransi Ambiguitas,

Percaya Diri, dan Inovasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. ORASI BISNIS,

(1), 60-67

Chimucheka, T. 2013. The impact of entrepreneurship education on the establishment and

survival of small, micro and medium enterprises (SMMEs). Journal of Economics,

(2): 157–168

Endang Mulyani. 2011. ”Model Pendidikan Kewirausahaan Di Pendidikan Dasar Dan

Menengah”.vol4:4. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mawardi (2020), Ecosytem Kewirausahaan Dan Dampaknya Pada Minat Berwirausaha,

Profit: Jurnal Administrasi Bisnis| Volume.14 No. 2 2020

Vernanda & Lisa Rokhmani (2021), Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Pembelajaran

Kewirausahaan, Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha

Pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri

Malang, Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(9), 2021, 871-888, Issn: 2798-

(Online), Doi: 10.17977/Um066v1i92021p871-888

Downloads

Submitted

2022-12-23

Accepted

2022-12-27

Published

2022-12-30

How to Cite

Fatchan, F. H., Candra Kusuma Wardana, Handy Nugraha, & Laila Oshiana Fitria A’zizah. (2022). Pembentukan Mental Berwirausaha dan Cerdas Keuangan Melalui Penyuluhan Interaktif pada Siswa di SMK 5 Muhammadiyah Karanganyar. Abdi Psikonomi, 3(4), 209–215. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1387

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.