Revitalisasi Taman Pendidikan Al Quran di Bendosari Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1184Keywords:
Revitalisasi, Masjid, Taman Pendidikan Al Qur’anAbstract
Pandemic covid-19 telah memberikan dampak di berbagai sisi kehidupan bagi masyarakat Indonesia, sektor ekonomi, pendidikan, dan sosial secara mendadak dipaksa untuk berubah dalam waktu yang tidak menentu sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus covid-19. Umat Islam sebagai mayoritas penduduk Indonesia tidak terkecuali sebagai pihak yang terdampak, sebagai agama yang terkandung di dalamnya nilai-nilai masa pandemic covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dikarenakan pada masa pandemic covid-19 taman pendidikan Al Qur’an (TPA) beserta masjid sebagai tempat pengajaran dan pendidikan Islam ditutup sehingga kegiatan penanaman dan pengajaran nilai-nilai Islam berhenti. maka pada masa pasca pandemic covid-19 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berupaya untuk merevitalisasi kegiatan TPA yang berpusat di masjid-masjid Muhammadiyah di daerah Bendosari kabupaten Sukoharjo pasca penutupan masjid pada masa pandemi covid-19, upaya revitalisasi kegiatan TPA tersebut bertujuan untuk memberikan pengajaran Al Qur’an terhadap anak-anak muslim serta sebagai upaya mengurangi buta huruf Al Qur’an yang menurut Yayasan Indonesia Mengaji 65% umat Islam Indonesia buta terhadap huruf Al Qur’an. Kegiatan ini di mulai dengan melakukan observasi terhadap situasi masjid dan TPA Muhammadiyah yang ada di daerah Bendosari, hasil observasi menyatakan bahwa kegiatan TPA masih belum berjalan dengan lancar dan efektif dikarenakan, a) tidak ada silabus materi, b) kurangnya kompetensi pengajar, c) kurangnya antusiasme masyarakat terhadap masjid dikarenakan jenjang waktu penutupan masjid yang cukup lama sehingga berdampak terhadap minat dan antusias masyarakat. Maka dari itu dalam kegiatan ini, UMS beserta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukoharjo sebagai mitra berupaya untuk menyelesaikan ketiga permasalahan yang sedang dialami oleh TPA di masjid-masjid Muhammadiyah di kecamatan Bendosari.
Downloads
References
Aditya, Rifki Utami, Hamidah Nayati, and Ika Ruhana. 2015. “Pengaruh Motivasi Dan Pelatihan
Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang).”
Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 22(1):85894.
Aji, Titik Nurhayati dan Rizqon Halal Syah. 2020. “Emansipasi Melawan Pandemi Global; Bukti Dari
Indonesia.” ’Adalah 81–92.
Baharun, M. 2012. Islam Idealitas Islam Realitas. Jakarta: Gema Insani.
Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2007. Budaya Ilmu Satu Penjelas. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD
Singapura.
Dirgantoro, Kurnia Putri Sepdikasari. 2018. “Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan
Kompetensi Matematis Siswa.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8(2):157–66. doi:
24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166.
Faried, Annisa Ilmi. 2019. “Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion Di Indonesia.”
JURNAL Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik 9–19.
Gazalba, Sidi. 1994. Mesjid: Pusat Peribadatan Dan Kebudayaan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Hariyati, Achmad Bagas Hariyadi dan Nunu. 2020. “PENTINGNYA FASILITAS BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 8:558–69.
Noor, Moh. 2019. Guru Profesional Dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.
Rahmawati, Andika Saputra dan Nur. 2020. Arsitektur Masjid; Dimensi Realitas Dan Idealitas. Surakarta:
Muhammadiyah University Press.
Saputra, Andika. 2022. Kemelut Pandemi Narasi Sains Islam, Dakwah Dan Masjid. 1st ed. edited by I. Al’Alam. Yogyakarta: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara.
Sukarta. 2022. “Peran Dakwah Majelis Ta’lim Dalam Meningkatkan Kuantitas Shalat Berjama’ah Di
Masjid Baiturohmah Lombok Timur.” Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 61–70.
Usman. 2018. “KOMUNIKASI PENDIDIKAN BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR.” Jurnalisa 137
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yeti Dahliana, Sabar hati Halawa, Wildan Hamdani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.