PENAFSIRAN ALQURAN DI YOUTUBE: TELAAH ATAS PENAFSIRAN USTADZ ABDUL QADIR JAWAS TERHADAP AYAT KURSI BERCORAK IDEOLOGIS

Authors

  • Haikal Fadhil Anam UIN Sunan Kalijaga
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.526

Keywords:

Alquran, Penafsiran, Youtube, Abdul Qadir Jawas, Salafi

Abstract

Penafsiran Alquran di youtube saat ini mengalami lonjakan peminatnya, hal ini tidak lain berkat efektivitasnya untuk menggaet pendengar lebih banyak dan sebagai upaya penyesuain zaman. Dalam hal ini, terdapat salah seorang ustadz yang menarik untuk dibahas dalam kaitannya dengan penafsirannya di youtube, yaitu ustadz Abdul Qadir Jawas. Artikel ini berupaya untuk menjelaskan penafsiran ustadz Abdul Qadir Jawas di youtube. Adapun jenis penelitian ini adalah observasi dan library research. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Sumber data terdiri dari primer dan sekunder; sumber primernya adalah video di youtube yang berjudul "Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas - Tafsir Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah, Ayat 255" dan sumber sekundernya adalah segala data yang mendukung penelitian ini. Adapun hasil penelitiannya adalah dalam kaitannya dengan penafsiran Alquran di Youtube tentang tafsir ayat kursi, ia menafsirkan dengan bentuk tafsir bil matsur. Selain itu, dalam upaya menafsirkannya, ia menggunakan metode tahlili, memperinci ayat dan menafsirkan dengan munasabah, pendapat para ulama dan lainnya. Terkait corak tafsirnya, bercorakan ideologis dalam hal ini tentu ideologi salafi. Hal ini terlihat ketika ia menafsirakn syafaat. Kecenderungannya untuk menyinggung orang yang katanya menyembah kubur dan lainnya dibahas dan disinggung olehnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Dzahabi, Muhammad Husein. Al-Tafsir Wa Al-Mufassirun. Vol. 1. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.

Al-Khulli, Amin. Dirasah Islamiyyah. Cairo: Dar Al-Kitab Al-Misriyah, 1996.

Al-Qattan, Manna Khalil. Mabahis Fil Ulum Al-Qur'an. Kairo: Maktabah Wahbah, 2000.

Anam, Haikal Fadhil. "Konsep Kafir dalam Alquran: Studi Atas Penafsiran Asghar Ali Engineer." NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam 2, no. 2 (December 31, 2018): 89. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.971.

Anpiminov, Yucagust. Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas - Tafsir Ayat Kursi (QS. Al-Baqarah, Ayat 255). Youtube, n.d. https://www.youtube.com/watch?v=nPRxGjAb5e4&t=2153s.

Ghafir, Abd. "Sekilas Mengenal At-Tafsir Al-Adabi Al-Ijtima'i." Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari'ah Dan Hukum 1, no. 1 (June 30, 2016). https://doi.org/10.22515/al-ahkam.v1i1.102.

Muhammad, Nurdin. "Sekitar Wafatnya Nabi Muhammad Saw," 2019. https://www.kompasiana.com.

Mustaqim, Abdul. Tafsir Jawa: Eksposisi Nalar Shufi Isyari Kiai Sholeh Darat Kajian Atas Surat Al-Fatihah Dalam Kitab Faidl Al-Rahman. Yogyakarta: Ideas Press, 2018.

Saeed, Abdullah. Al-Qur'an Abad 21: Tafsir Konteksual. Translated by Ervan Nurtawab. Bandung: Mizan Media Utama, 2015.

Setiawan, Mohammad Nur Kholis. "Amin Al-Khulli and Qurnic Studies: An Analysis of the Literary Exegesis in Modern Egypt." Leiden University, 1996.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir. Tanggerang: Lentera Hatu, 2015.

Tanjung, Abdurrahman Ruli. "Analisis Terhadap Corak Tafsir Al-Adaby Al-Ijtimai" 3, no. 1 (2014): 16.

Tirto, Redaksi. "Jaringan Dakwah Salafi/Wahabi Di Bogor." Jaringan Dakwah Salafi/Wahabi Di Bogor (blog), 2019. https://tirto.id/.

Wikipedia. "Yazid Bin Abdul Qadir Jawas." Wikipedia, n.d. https://id.wikipedia.org/.

Downloads

Submitted

2022-02-17

Published

2022-02-17

How to Cite

Anam, H. F. (2022). PENAFSIRAN ALQURAN DI YOUTUBE: TELAAH ATAS PENAFSIRAN USTADZ ABDUL QADIR JAWAS TERHADAP AYAT KURSI BERCORAK IDEOLOGIS. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(1), 78–91. https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.526

Issue

Section

Articles