Peningkatan Kualitas Administrasi Sekolah Muhammadiyah Melalui Sistem Informasi Akuntansi Pendidikan Dasar dan Menengah

Authors

  • Zulfikar Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Banu Witono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Muhammad Abdul Aris Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nursiam Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Mujiyati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Andy Dwi Bayu Bawono Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ovi Itsnaini Ulynnuha Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.2202

Keywords:

Amal usaha Muhammadiyah, Siadikdasmen, administrasi keuangan, tata kelola,

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi tenaga kependidikan dalam pengelolaan administrasi keuangan sekolah di lingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) binaan. Kegiatan ini diikuti oleh pengelola administrasi keuangan sekolah yang terdiri dari 52 satuan pendidikan setingkat SD, 13 satuan pendidikan stingkat SMP dan 8 satuan pendidikan tingkat SMA. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini menggunakan sistem informasi akuntansi pendidikan dasar dan menengah (SIADIKDASMEN) yang dikembangkan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengawas Keuangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan wawasan peserta terkait penggunaan Siadikdasmen merupakan hal baru dalam tatakelola administrasi keuangan sekolah. Namun demikian proses penyampaian materi sistem oleh narasumber berjalan lancar, seluruh peserta tidak mengalami hambatan yang serius. Hal ini membuktikan bahwa sistem tersebut dapat dipraktikan oleh sebagian besar peserta. Kegiatan ini menghasilkan dokumen kerja sama untuk tindak lanjut pendampingan antara program studi Akuntansi FEB UMS dan majelis DIKDASMEN PDM kabupaten Sukoharjo..

References

Husain, AS. 2022. Tata Kelola Administrasi Sekolah Berbasis Internet, SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 1 (April 2022)

Hidayat, M. T., Faiziyah, N., Listiawati, V., Rini, I. F., & Surahmat, S. (2019). Workshop Penyusunan Program Unggulan OSN di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tegalampel, Klaten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.30653/002.201941.54

Marlina, Leny. 2012. Kajian Terhadap Perkembangan Sekolah Muhammadiyah, TA’DIB, Vol. XVII, No. 01

Murhadi. 2020. Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal INTEK Vol. 3 Nomor 1 (Mei 2020)

Soler, M. A. R. K., Cocozza, J. J., & Henry, A. L. A. N. (2013). Providing and receiving technical assistance: Lessons from Models for Change. Chicago: MacArthur Foundation.

Supiyanto, Atikah, and Martiah, S. 2019. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Sekolah Pada SMK Kesuma Bangsa 1 Depok, SYSTEMATICS, Vol. 1, No. 2, Desember 2019, pp 99-109

Putra, Eka Putra, et al. 2021, Implementasi Sistem Informasi Administrasi Sekolah dan Peningkatan Mutu Kualitas Guru Berbasis TIK Sekolah di Desa Nyogan, Jurnal Innovasi, Teknologi, dan Dharma Bagi Masyarakat (JITDM) Vol.3 No.2 (2021) : September

Zulfikar, Rosida N.S, Muttaqin Ahmad. 2019, Bimbingan Teknis Tata Kelola Keuangan dan Anggaran Berbasis Kinerja Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Palembang, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Volume 4 no. 4 hal. 393-400

Downloads

Submitted

2023-07-17

Published

2023-07-19

How to Cite

Zulfikar, Banu Witono, Muhammad Abdul Aris, Nursiam, Mujiyati, Andy Dwi Bayu Bawono, & Ovi Itsnaini Ulynnuha. (2023). Peningkatan Kualitas Administrasi Sekolah Muhammadiyah Melalui Sistem Informasi Akuntansi Pendidikan Dasar dan Menengah. Abdi Psikonomi, 1–8. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.2202

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.