PERAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DALAM MENGINTERVENSI KEMATANGAN KARIER SISWA

Authors

  • Ratieh Widhiastuti Universitas Negeri Semarang
    Indonesia
  • Setia Nariska Universitas Negeri Semarang
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/blbs.v6i2.6247

Keywords:

Psychological well-being, Karier siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi siswa dan dukungan sosial terhadap kematangan karier dengan psychological well-being sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada 215 siswa kelas XII Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK Negeri Kota Semarang. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada seluruh responden penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Secara umum kondisi kematangan karier, kompetensi, dukungan sosial dan psychological well-being responden dalam kategori tinggi. Hasil pengujian langsung menunjukkan kematangan karier siswa SMK Kelas XII dipengaruhi oleh kompetensi dan psychological well-being yang dimiliki siswa. Sedangkan dukungan sosial dari orang-orang terdekat tidak cukup mampu meningkatkan kamatangan karier siswa. Meskipun demikian, kompetensi siswa dan dukungan sosial berpengaruh tidak langsung terhadap kematangan karier dengan dimediasi psychological well-being. Implikasi dari penelitian ini, diharapkan ada bimbingan psikologis yang baik dari pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa dalam menentukan pilihan masa depan setelah lulus sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Setia Nariska, Universitas Negeri Semarang

Pendidikan Akuntansi

Downloads

Submitted

2024-08-06

Accepted

2024-12-06

Published

2024-12-31

How to Cite

Widhiastuti, R., & Nariska, S. (2024). PERAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DALAM MENGINTERVENSI KEMATANGAN KARIER SISWA. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 6(2), 73–88. https://doi.org/10.23917/blbs.v6i2.6247

Issue

Section

Articles