Merangkul Peluang Bisnis : Pelatihan Shopee Affiliate untuk Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Melia Putri Participant
    Indonesia
  • Nabila Suci Fitria
  • Hesti Dyah Puspitasari
  • Trian Gigih Kuncoro

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.6189

Keywords:

pengabdian masyarakat, shopee affiliate, digital marketing

Abstract

Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan sering menghadapi tantangan dalam mengakses informasi tentang pemanfaatan teknologi dalam bisnis. Keterbatasan  pengetahuan  dan kurangnya akses terhadap teknologi digital yang menjadi titik masalah serta hambatan besar dalam upaya memanfaatkan potensi bisnis di industri e-commerce. Kegiatan pengabdian  ini  bertujuan  untuk  memberikan pengetahuan baru serta pemahaman terhadap peluang bisnis digital yang mudah dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan program Shopee Affiliate kepada masyarakat, khususnya Ibu-ibu  PKK  Rusunawa Blok E Mojosongo dalam mengenalkan  bisnis berbasis teknologi serta memberikan pemahaman terkait kehadiran, manfaat, dan potensi keuntungan dari program Shopee Affiliate. Program affiliate marketing adalah  salah satu sistem bisnis dimana seseorang dapat menjadi affiliator (mitra afiliasi) dari sebuah perusahaan yang bertujuan mendapatkan komisi dengan cara kerja menjual barang atau jasa. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim pengabdian menggunakan pendekatan persuasif edukatif, yang meliputi tahapan persiapan, sosialisasi, pelaksanaan, dan yang terakhir adalah tahap  evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa program tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif bagi peserta, tetapi juga memberdayakan mereka untuk mengoptimalkan peluang bisnis dalam era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanti, Eka, and Siti Ning Farida. (2022). “Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo).” Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang 11(2): 228–41.

Dewi RM, Hartono T. (2019). E-commerce Marketing Communication Strategies on Consumer Buying Interest. Incitest. DOI:10.1088/1757- 899X/662/3/032013

Eapen, A., Yeo, J., & Pallathitta, R. G. (2017). Business Group Affiliation and FDI Spillovers. Academy of Management Proceedings, 2017(1), 15198. https://doi.org/10.5465/ AMBPP.2017.165

Erfiana, W., & Purnamasari, D. (2023). Strategi Content Marketing Influencer Melalui Shopee Affiliate Program Pada Instagram. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 11(2), 134-151.

Erifiyanti, R., Pane, S. R. N., Trijayanti, A., & Simanjuntak, K. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Pembeli. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4).

H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29 (1), 1–9.

Haikal, E. K., Freihat, S. M., Homsi, D., Joudeh,Vol. 11 No. 2 Maret 2022 Hal - 239J. M. M., & Hashem, T. N. 2020. The Role of Supply Chain Strategy and Affiliate Marketing in Increasing The Demand forE- Commerce – Social Media POV.International Journal of Supply Chain Management, 9(1), 832–844.

Helianthusonfri, J., & Wibawa, A. (2015). 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari WordPress. Elex Media Komputindo.

Mahfud, B. A., & Kardianawati, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Marketing Berbasis Website Menggunakan Metode PPS (Pay Per Sale) Rahman, Fathur. (2022). “Praktik Affiliate Marketing Pada Platform E-commerce Dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah.” Istidlal: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam 6(1): 24–37.

Shopee.co.id. (2024). Shopee Affiliate Program. https://shopee.co.id/m/affiliates

Verma, D. (2018). A Critical Review of Digital Marketing Digital Marketing View project Financial Reforms Viewproject. 8(10),321–339

Wijayanti, R. A. F. D. (2021). Keabsahan Perjanjian Dalam Program Shopee Affiliate.

Winarso, B. (2021). 5 Program Affiliate Indonesia, Peluang Dapat Duit Online Tanpa Modal.

Dailysocial.Id. https://dailysocial.id/post/program-affiliate-indonesia

Yanti, Ira, Muhammad Irwan Padli Nasution, and Sri Suci Ayu Sundari. (2023). “Peran Shopee Affiliate Terhadap Peluang Kerja.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB) 1(1): 23–26.

Downloads

Submitted

2024-07-31

Accepted

2024-11-29

Published

2024-10-30

How to Cite

Melia Putri, Nabila Suci Fitria, Hesti Dyah Puspitasari, & Trian Gigih Kuncoro. (2024). Merangkul Peluang Bisnis : Pelatihan Shopee Affiliate untuk Pemberdayaan Masyarakat . Abdi Psikonomi, 5(2), 87–96. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v5i2.6189

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.