Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) di PAUD AL AMIN Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.789Keywords:
GLS, Literasi, PAUD,Read AloudAbstract
Abstrak
Minimnya Gerakan literasi di sekolah PAUD AL AMIN Karanganyar membuat Tim Pengabdian Masyarakat ingin berkontribusi ikut meningkatkan dan mengoptimalisasi Gerakan Literasi Sekolah PAUD AL AMIN melalui empat kegiatan yang telah disusun yaitu berupa kegiatan pelatihan read aloud bagi guru, setting pojok baca yang menarik, pendampingan pembuatan program literasi sekolah, dan monitoring kegiatan literasi di sekolah PAUD AL AMIN. Berdasarkan hasil pretest dan post test kegiatan pelatihan read aloud pada guru paud Al amin dan dianalisis dengan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 5% dan memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,027< 0,05. terdapat perbedaan signifikan antara pretest dengan post test, yang berarti ada peningkatan pengetahuan read aloud pada guru paud AL AMIN. hasil kegiatan diskusi menghasilkan program Literasi Sekolah dan SOP kegiatan Read Aloud menjadi program pembiasaan di PAUD AL AMIN, setting pojok baca yang lebih berwarna membuat siswa AL AMIN semakin bersemangat untuk mengunjungi pojok baca dan membaca buku, dan kegiatan terakhir adalah monitoring kegiatan literasi PAUD AL AMIN dan didapatkan hasil para pendidik PAUD AL AMIN mulai menjalankan Gerakan literasi Sekolah dengan baik sesuai dengan program dan SOP yang disusun.
Kata Kunci : GLS, Literasi, PAUD,Read Aloud
Downloads
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aruny Amalia Syahida, Sukesi, Lisnawati Ruhaena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.