Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Rehabilitatif Fisioterapi Dalam Mendukung Upaya Akreditasi Rumah Sakit Di Masyarakat

Authors

  • Oktavy Budi Kusumawardhani Universitas Kusuma Husada Surakarta
    Indonesia
    https://orcid.org/0000-0002-7880-619X
  • Ahmad Supriyanto Universitas Kusuma Husada Surakarta
    Indonesia
  • Nadya Puspita Adriana Universitas Kusuma Husada Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.1476

Keywords:

kepuasan pasien, pelayanan rehabilitatif fisioterapi, akreditasi rumah sakit

Abstract

Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Tujuan untuk meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat. Pengabdian ini dilakukan secara offline dan sasaran pada pasien serta masyarakat pengguna rumah sakit. Dari hasil uji tersebut, didapatkan nilai hasil  7,818182 (t hitung) > 2,048 (t table) dan dari perbandingan t hitung > t table maka dapat disimpulkan maka data signifikan untuk taraf signifikansi 0,05%. Dari uji signifikansi dapat diketahui sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat menunjukkan adanya peningkatan hasil dan menunjukkan bahwa sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat meningkatkan pengetahuan peserta. Kontribusi: Pengabdian ini dapat meningkatkan sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat. Sasaran: Pasien dan keluarga pasien dimasyararkat yang menggunakan pelayanan rehabilitatif dirumah sakit.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Supriyanto, Universitas Kusuma Husada Surakarta

 

 

Nadya Puspita Adriana, Universitas Kusuma Husada Surakarta

 

 

References

Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun

Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia

Tahun 2014 Nomor 1221, 2014).

Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun

Tentang Akreditasi Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017

Nomor 1023, 2017).

Erhan Beyhan. (2005). “The Impact Of Higher Education On The Job Preparedness And Job

Performance Of Turkish National Police Officers”. M.S. University Of Arkansas At Little

Rock.

Komal Khalid Bhatti and Tahir Masood Qureshi. (2007). “Impact Of Employee Participation

On Job Satisfaction, Employee Commitment And Employee Productivity”. International

Review of Business Research Papers, Vol. 3 (No. 2) : 54 – 68.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) (Instrumen Akreditasi Rumah Sakit, Standar Akreditasi

Versi 2012, Edisi – 1, Tahun 2012).

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) (Peraturan Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah

Sakit Nomor 1666/KARS/X2014 Tentang Penetapan Status Akreditasi Rumah Sakit, 2014).

Kusbaryanto. (2010). “Peningkatan Mutu Rumah Sakit dengan Akreditasi”. Mutiara

Medika. Vol. 10 (No. 1) : 86 – 89.

Kusumawardhani, Oktavy Budi, Iwan Setiawan Adji, and Ahmad Supriyanto. 2021. “Analysis

of the Effect of Performance and Individual Characteristics of Medical Employees on

Understanding of Accreditation in Karanganyar District Hospital.” International Journal

of Multicultural and Multireligious Understanding 8(4):140.

Kusumawardhani, Oktavy Budi, Mirah Rejeki, Antasya Octaviana, Intan Nurcahyaningsih,

Dosen Administrasi, Rumah Sakit, Universitas Kusuma, and Husada Surakarta. 2021.

“Pemahaman Akreditasi Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Rumah

Sakit.” DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 23, N:51–58.

Kusumawardhani, Oktavy Budi. 2020. “Analisis Pengaruh Pemahaman Akreditas Dan

Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Medis Dan Non Medis Di RSUD

Kabupaten Karanganyar.” Journal of Hospital Administration 3(2):74–79.

Laowo, Erni Selfiyan, Mohamad Reza Hilmy, Jerry Maratis, Fakultas Fisioterapi, and Universitas

Esa Unggul. 2021. “Pasien Pada Kasus Stroke Di Rumah Sakit Wilayah Jakarta.” 2(1):23–

Nurcahyanti, Eka. 2017. “Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan

Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma

Husada.” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo 3(1):8.

On Their Work Performance; With Reference To Abc Pvt. Hospital In Sri Lanka”. IOSR Journal

of Business and Management (IOSR-JBM). e-ISSN: 2278–487X, p-ISSN: 2319–7668, PP

–47, www.iosrjournals.org

Rizal, Fahmi, Tri Ani Marwati, and Solikhah Solikhah. 2021. “Dimensi Kualitas Pelayanan Dan

Dampaknya Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Di Unit Fisioterapi.” Jurnal Kesmas

(Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa 8(2):54.

Soekidjo Notoatmodjo. (1997). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan dalam Ilmu Kesehatan

Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijono D. (2008). Manajemen Mutu Rumah Sakit Dan Kepuasan Pasien. Surabaya : Duta

Prima Airlangga.

Yaslis Ilyas. (2002). Kinerja. Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta : Pusat Kajian Ekonomi

Kesehatan FKM Universitas Indonesia.

Downloads

Submitted

2023-01-11

Accepted

2023-09-27

Published

2023-09-27

How to Cite

Oktavy Budi Kusumawardhani, Supriyanto, A., & Puspita Adriana, N. (2023). Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Rehabilitatif Fisioterapi Dalam Mendukung Upaya Akreditasi Rumah Sakit Di Masyarakat. Abdi Psikonomi, 4(2), 104–109. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.1476

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.