Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Rehabilitatif Fisioterapi Dalam Mendukung Upaya Akreditasi Rumah Sakit Di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.1476Keywords:
kepuasan pasien, pelayanan rehabilitatif fisioterapi, akreditasi rumah sakitAbstract
Akreditasi menunjukkan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanannya aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi risiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Tujuan untuk meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat. Pengabdian ini dilakukan secara offline dan sasaran pada pasien serta masyarakat pengguna rumah sakit. Dari hasil uji tersebut, didapatkan nilai hasil 7,818182 (t hitung) > 2,048 (t table) dan dari perbandingan t hitung > t table maka dapat disimpulkan maka data signifikan untuk taraf signifikansi 0,05%. Dari uji signifikansi dapat diketahui sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat menunjukkan adanya peningkatan hasil dan menunjukkan bahwa sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat meningkatkan pengetahuan peserta. Kontribusi: Pengabdian ini dapat meningkatkan sosialisasi kepuasan pasien dalam pelayanan rehabilitatif fisioterapi dalam mendukung upaya akreditasi rumah sakit di masyarakat. Sasaran: Pasien dan keluarga pasien dimasyararkat yang menggunakan pelayanan rehabilitatif dirumah sakit.
Downloads
References
Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun
Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia
Tahun 2014 Nomor 1221, 2014).
Departemen Kesehatan (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun
Tentang Akreditasi Rumah Sakit, Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2017
Nomor 1023, 2017).
Erhan Beyhan. (2005). “The Impact Of Higher Education On The Job Preparedness And Job
Performance Of Turkish National Police Officers”. M.S. University Of Arkansas At Little
Rock.
Komal Khalid Bhatti and Tahir Masood Qureshi. (2007). “Impact Of Employee Participation
On Job Satisfaction, Employee Commitment And Employee Productivity”. International
Review of Business Research Papers, Vol. 3 (No. 2) : 54 – 68.
Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) (Instrumen Akreditasi Rumah Sakit, Standar Akreditasi
Versi 2012, Edisi – 1, Tahun 2012).
Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) (Peraturan Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah
Sakit Nomor 1666/KARS/X2014 Tentang Penetapan Status Akreditasi Rumah Sakit, 2014).
Kusbaryanto. (2010). “Peningkatan Mutu Rumah Sakit dengan Akreditasi”. Mutiara
Medika. Vol. 10 (No. 1) : 86 – 89.
Kusumawardhani, Oktavy Budi, Iwan Setiawan Adji, and Ahmad Supriyanto. 2021. “Analysis
of the Effect of Performance and Individual Characteristics of Medical Employees on
Understanding of Accreditation in Karanganyar District Hospital.” International Journal
of Multicultural and Multireligious Understanding 8(4):140.
Kusumawardhani, Oktavy Budi, Mirah Rejeki, Antasya Octaviana, Intan Nurcahyaningsih,
Dosen Administrasi, Rumah Sakit, Universitas Kusuma, and Husada Surakarta. 2021.
“Pemahaman Akreditasi Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Rumah
Sakit.” DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 23, N:51–58.
Kusumawardhani, Oktavy Budi. 2020. “Analisis Pengaruh Pemahaman Akreditas Dan
Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Medis Dan Non Medis Di RSUD
Kabupaten Karanganyar.” Journal of Hospital Administration 3(2):74–79.
Laowo, Erni Selfiyan, Mohamad Reza Hilmy, Jerry Maratis, Fakultas Fisioterapi, and Universitas
Esa Unggul. 2021. “Pasien Pada Kasus Stroke Di Rumah Sakit Wilayah Jakarta.” 2(1):23–
Nurcahyanti, Eka. 2017. “Studi Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan
Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Bhakti Dharma
Husada.” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo 3(1):8.
On Their Work Performance; With Reference To Abc Pvt. Hospital In Sri Lanka”. IOSR Journal
of Business and Management (IOSR-JBM). e-ISSN: 2278–487X, p-ISSN: 2319–7668, PP
–47, www.iosrjournals.org
Rizal, Fahmi, Tri Ani Marwati, and Solikhah Solikhah. 2021. “Dimensi Kualitas Pelayanan Dan
Dampaknya Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien: Studi Di Unit Fisioterapi.” Jurnal Kesmas
(Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa 8(2):54.
Soekidjo Notoatmodjo. (1997). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan dalam Ilmu Kesehatan
Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijono D. (2008). Manajemen Mutu Rumah Sakit Dan Kepuasan Pasien. Surabaya : Duta
Prima Airlangga.
Yaslis Ilyas. (2002). Kinerja. Teori, Penilaian dan Penelitian. Jakarta : Pusat Kajian Ekonomi
Kesehatan FKM Universitas Indonesia.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Oktavy Budi Kusumawardhani, Ahmad Supriyanto; Nadya Puspita Adriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.