RELASI SOSIAL DALAM AL-QUR'AN

Authors

  • Muhammad Amin IAIN Langsa
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.523

Keywords:

Relasi, Sosial, Al-Qur'an

Abstract

Tulisan ini bertujuan menjelaskan tentang konsep al-Qur'an tentang relasi sosial. Relasi atau hubungan sosial merupakan salah satu tema yang sangat penting dalam al-Qur'an. Seorang muslim yang baik adalah yang mampu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia (hablu min an-nas) dan hubungan baik dengan Tuhannya (hablu min Allah). Orang yang mampu berinteraksi dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat adalah indikator dari hubungan baiknya dengan Tuhan. Sebaliknya orang yang bermasalah dalam hubungan sosial, menjadi indikator dari tidak baiknnya hubungan dengan Tuhan. Al-Qur'an memberikan sinyal yang jelas bahwa kesuksesan hidup manusia sangat tergantung kepada kemampuan dalam membina dua hubungan tersebut. Tulisan ini menggunakan metode tafsir tematik (maudu'i). Dalam menjelaskan ayat-ayat tentang relasi sosial, penulis merujuk kepada penafsiran para ulama dalam berbagai karya tafsir mereka. Ada beberapa prinsip utama relasi sosial dalam al-Qur'an, antara lain: menyambung tali silaturrahmi dan memperkuat persaudaraan (ukhuwah), saling tolong menolong (ta'awun), berani menegakkan kebenaran dan mencegah kejahatan (amar ma'ruf dan nahi munkar), bersikap klarifikatif (tabbayyun), berpikir positif (positive thinking) dan tidak mencari-cari kesalahan (tajassus), peduli kepada kaum yang lemah (du'afa), bermusyawarah (syura), memahami perbedaan (ta'uruf), dan toleransi (tasumuh) kepada nonmuslim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Dudung. "Musyawarah Dalam Al-Qur'an." Jurnal Ad-Daulah 3, no. 2 (2014): 247.

Al-Mishri, Jamaluddin Muhammad Ibnu Mukram Ibnu al-Ifriqi. Lisanul Arab. Beirut: Dar al-Fikr, 1990.

As-Suyuthi,Imam Jalaludin dan al-Mahalli, IImam Jalaludin. Terjemahan Tafsir Jalalin Berikut Asbabun Nuzul Jilid 3. Edited by Bahrun Abu Bakar. Bandung: Algesindo, 2012.

Chirzin, Muhammad. Kearifan Al-Qur'an. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Hanafi et.al, Muchlis M. Tafsir Al-Qur'an Tematis, Hubungan Antar Ummat Beragama. Jakarta: Departemen Agama RI, Badan Litbang dan Diklat, Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur'an, 2008.

———. Tafsir Tematik, Al-Qur'an Dan Pemberdayaan Kaum Dhu'afa. Jakarta: Departemen Agama RI, Badan Litbang dan Diklat, Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur'an, 2008.

Hidayati, D.S. "Peningkatan Relasi Sosial Melalui Social Skill Therapy Pada Penderita Schizophrenia Katatonik." Jurnal Online Psikologi, 2014, 22.

https://m.inilah.com/news/detail/2192516/prinsip-dasar-relasi-sosial-dalam-al-qur' an. "Prinsip Dasar Relasi Sosial Dalam Al-Qur'an," n.d.

Https://materiips.com/. "No Title," n.d.

https://materiips.com/contoh-hubungan-sosial. "No Title," n.d.

Idi, Abdullah. Dinamika Sosiologis Indonesia: Agama Dan Pendidikan Dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara, 2015.

Jamal et al., Khoirunnas. "Eksistensi Kaum Difabel Dalam Perspektif Al-Qur'an." Jurnal Ushuluddin 25, no. 2 (n.d.): 230.

Katsir, Abul Fida Ismail Ibn Umar Ibn. Tafsir Al-Qur'anul 'Azim. Riyadh: Dar Al-Thayyibah Li Al-Nasyri Wa Al-Tauzi', 1999.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet III. 3rd ed. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah, Pesan Dan Kesan Dari Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

———. Wawasan Al-Qur'an, Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Ummat. Jakarta: Mizan, 2007.

Syam, Nur. Tarekat Petani, Fenomena Tarekat Syattariyah. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara, 2013.

Downloads

Submitted

2022-02-17

Published

2022-02-17

How to Cite

Amin, M. (2022). RELASI SOSIAL DALAM AL-QUR’AN. QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(1), 30–47. https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.523

Issue

Section

Articles