Psikoedukasi sebagai Solusi terhadap Penyesuaian Siswa SMA Al Islam 1 Surakarta terhadap Pembelajaran Campuran saat Pandemi

Authors

  • Soraya Berliana Salsabilla Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Elsa Azhari Hayuning Samudra
  • Alifina Puspanoti
  • Afifah Nurfitria Ramadhani
  • Lisnawati Ruhaena

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.735

Keywords:

Kata kunci : Pembelajaran Campuran, Covid-19, Psikoedukasi, Blended Learning, Covid-19, Psychoeducation

Abstract

Pembelajaran campuran atau blended learning adalah model pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran daring dan luring. Model ini digunakan setelah munculnya kebijakan baru di masa covid-19 ini. Namun tentu saja tetap ada kendala-kendala yang dialami ketika menerapkan blended learning ini. Tujuan pengabdian yang kami lakukan yakni untuk memberikan psikoedukasi sebagai solusi terhadap penyesuaian siswa terhadap pembelajaran campuran. Subjek yang digunakan yakni siswa kelas X SMA Al Islam yang berjumlah 70 orang.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan penyebaran angket kuisioner dengan hasil yakni psikoedukasi dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan yang ada ketika pembelajaran campuran berlangsung.

 

Downloads

Submitted

2022-06-15

Published

2022-08-31

How to Cite

Salsabilla, S. B., Elsa Azhari Hayuning Samudra, Alifina Puspanoti, Afifah Nurfitria Ramadhani, & Lisnawati Ruhaena. (2022). Psikoedukasi sebagai Solusi terhadap Penyesuaian Siswa SMA Al Islam 1 Surakarta terhadap Pembelajaran Campuran saat Pandemi. Abdi Psikonomi, 99–106. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.735

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.