Pelatihan Penentuan Tujuan untuk Meningkatkan Regulasi Diri Belajar

Authors

  • Tarmilia Tarmilia Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ismiyati Yuliatun Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Nur Ramadhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Sri Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.484

Keywords:

goal setting, self-regulated learning

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan self-regulated learning siswa.  Hasil studi pendahuluan menunjukkan 26 dari 59 sampel keseluruhan siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Boyolali memiliki skor SRL sedang Pelatihan goal setting diyakini dapat meningkatkan SRL siswa. Pelatihan lewat zoom terbagi dalam lima sesi yaitu: My Inspiration, Kenali Diriku, Kuraih Targetku, Umpan Balikku, dan Komitmenku, yang disampaikan oleh tiga pelatih dan diikuti 21 siswa.  Self-regulated learning siswa diukur sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan SPSS menunjukkan kenaikan signifikan skor self-regulated learning dengan nilai Z -2.718 p 0,007. Perubahan dapat diketahui dari pernyataan siswa MS:” Saya akan lebih konsisten membagi waktu agar masuk universitas yang saya inginkan”. Pelatihan goal setting berhasil meningkatkan self-regulated learning siswa.

Downloads

Submitted

2022-01-23

Accepted

2022-03-01

Published

2021-12-31

How to Cite

Tarmilia, T., Yuliatun, I. ., Ramadhani, N. ., & Lestari, S. . (2021). Pelatihan Penentuan Tujuan untuk Meningkatkan Regulasi Diri Belajar. Abdi Psikonomi, 2(4), 157–166. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i4.484

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.