Penerapan Sistem Belajar yang Efektif dengan Program Mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna

Authors

  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara
    Indonesia
  • Erni Asneli Asbi Universitas Sumatera Utara
    Indonesia
  • Raden Putra University of North Sumatera
    Indonesia

Keywords:

Efektif;Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran efektif merupakan sebuah proses perubahan seseorang dalam tingkah laku dari hasil pembelajaran yang ia dapatkan dari pengalaman dirinya dan dari lingkungannya yang membawa pengaruh, makna, dan manfaat tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem belajar yang efektif dengan program mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna. Implementasi Mentoring di Rumah Baca Qura’an Ummu Hasna yang terus bertumbuh berhasil meningkatkan kemampuan diri siswa dalam menyesuaikan dirinya dengan perubahan-perubahan yang berkembang dan mau mendengarkan arahan guru serta orang yang berkepentingan lainnya, serta meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan data yang tepat. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, Analisis data penelitian ini dilakukan dengan empat jalur yang bersamaan yaitu : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.

References

Boston: Allyn & Bacon. Kyriacou, C. 2009. Effective Teaching in Schools: Theory and Practice.Third Edition. Delta Place, Cheltenham. UK: Nelson Thornes Ltd.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Joyce, B., & Weil, M., & Calhoun, E. .2003. Models of Teaching (7th ed.).

Lavine, R. 2005. Guided Discovery Learning with Videotaped Case Presentation in Neurobiology. JIAMSE. 16 (1), 4-7.

Palennari, M. 2011. Potensi Strategi Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahapeserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 26-33.

Passer, Michael W dan smith. 2009. Psychology The Science Of Mind And Behavior Third Edition

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007.

Ritonga, Fajar Utama & Dilena , Helga. 2022. Penerapan Metode Belajar Sambil Bermain Guna Memenuhi Kebutuhan Pengembangan Diri Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora. e-ISSN 2655-9730, p-ISSN 2962-6692, Vol. 1 No. 1

Setyosari, Punaji. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 1, Oktober.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian.Cetakan ke-26. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Virginia, A., Retno, S., & Endah, P. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Menggunakan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Tumbuhan terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Biologyy Education. 4(3), 269.

Wahyudi, Hidayatul. 2011. Model Belajar Efektif Menurut K.h Muhammad Idris Jauhari ( Analisis Pemikiran Pengasuh Pondok Pesanteren Al-Amien Prenduan Sumenap Madura). Skripsi: Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Wenning, C. J. 2005. Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Phisics Theacher Education Online, 2(3), 3-11.

Downloads

Submitted

2023-12-21

Accepted

2024-07-16

Published

2024-06-30

How to Cite

Fajar Utama Ritonga, Erni Asneli Asbi, & Putra, R. (2024). Penerapan Sistem Belajar yang Efektif dengan Program Mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna. Abdi Psikonomi, 5(1), 1–9. Retrieved from https://journals2.ums.ac.id/index.php/abdipsikonomi/article/view/3678

Issue

Section

Articles