Strategi Peningkatan Kinerja UKM

Authors

  • Wiyadi Wiyadi Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aflit Nuryulia Praswati
  • Rina Trisnawati
  • Chuzaimah Chuzaimah

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.338

Keywords:

pelatihan dan pendampingan,, strategi,, kinerja UKM

Abstract

Kinerja UKM adalah tingkat pencapaian prestasi UKM dalam kurun waktu  tertentu. Kinerja UKM dapat dilihat dari kinerja pemasaran yang telah dilakukan. Jadi kinerja pemasaran merupakan elemen penting dari kinerja UKM secara umum dan merupakan implementasi dari strategi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk (1) memberikan alternatif solusi atau rekomendasi bagi peningkatan kinerja UKM mitra di tengah situasi pandemi Covid-19, (2) mendorong segenap karyawan meningkatkan komitmennya dalam memajukan usaha. Kegiatan ini berbentuk pelatihan dan pendampingan dengan mengikut sertakan pengelola dan para karyawan sebanyak 53 orang. Nara sumber dari tim pengabdian kepada masyarakat FEB – UMS. Hasil kegiatan memberikan beberapa alternatif strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan kinerja UKM mitra adalah perlu (1) menerapkan orientasi pasar, (2) menciptakan keunggulan bersaing, (3) meningkatkan kemampuan penetapan harga, (4) memotivasi karyawan untuk tetap bekerja dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Downloads

Submitted

2021-07-11

Accepted

2021-09-15

Published

2021-08-31

How to Cite

Wiyadi, W., Nuryulia Praswati, A. ., Trisnawati, R. ., & Chuzaimah, C. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja UKM . Abdi Psikonomi, 2(2), 78–85. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.338

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.