Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial MIM PK Wirogunan

Authors

  • Muzakar Isa Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Aflit Nuryulia Praswati Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Evi Kurnia Sari Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Kesha Dewi Nur Ramadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2173

Keywords:

pemasaran, lembaga pendidikan, digital marketing.

Abstract

Pemasaran pendidikan merupakan proses mempromosikan institusi Pendidikan atau program pendidikan tertentu kepada calon siswa, mahasiswa, orang tua, atau pemangku kepentingan lainnya. Pemasaran Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran, menarik minat, dan menghasilkan pendaftaran siswa yang memadai. Pemasaran menjadi suatu yang mutlak harus dilaksanakan oleh sekolah, selain ditujukan untuk memperkenalkan, fungsi pemasaran di lembaga Pendidikan untuk membentuk citra baik terhadap lembaga menarik sejumlah calon siswa untuk itu, sekolah dituntut untuk melakukan strategi dalam hal pemasaran sekolah guna mempertahankan dan meningkatkan kuantitas siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pelatihan digital marketing melalui media social dalam bentuk konten promosi berupa pembuatan desain pamphlet sosialisasi profil sekolah, konten profil sekolah, konten video kompilasi kegiatan sekolah, konten video promosi sekolah dan pembuatan pamphlet PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) yang akan dibagikan melalui beberapa akun media social. Semua konten ini sudah selesai disusun dan sudah dibagikan pada akun media social MIM Wirogunan.

References

Dian, Rosbiah, I., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Pendidikan di Madrasah. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.73

Fira, F. L. A., Ulfatin, N., & Benty, D. D. N. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Menarik Minat Masyarakat Melalui Program Kelas Khusus. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 249–261. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p249

Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Kulikovskaja, V., Hubert, M., Grunert, K. G., & Zhao, H. (2023). Driving marketing outcomes through social media-based customer engagement. Journal of Retailing and Consumer Services, 74(May), 103445. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103445

Maryolein, S., Dwina Hapsari, N., & Oktaviani, R. C. (2019). Instagram Sebagai Media Publikasi Dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium. Avant Garde, 7(1), 19. https://doi.org/10.36080/avg.v7i1.849

Nurjanah, P. N. A., & Isa, M. (2021). Peningkatan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening. Prosiding University Research Colloquium, 51–65. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/1612

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Qian, J., Lin, P. M. C., Law, R., & Li, X. (2022). Lack of IT and digital marketing professionals in hospitality: is it education’s fault? Heliyon, 8(12), e12002. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12002

Sugeng, S. L. P. (2022). Manajemen Marketing Jasa Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.28335

Sutama, S., & Hasthanti, S. W. (2019). Bauran Marketing Jasa Pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah. Manajemen Pendidikan, 13(2), 190–203. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7487

Syamsudin, Praswati, A. N., Mukharomah, W., & Noor, M. J. (2021). Transfer Pengetahuan Pemasaran Online Pada UMKM Makanan dan Minuman. Abdipsikonomi, 6(August), 128.

Yuliati, & Wahyudi, T. N. (2019). Penerapan Strategi Marketing Lembaga Pendidikan Swasta di Era Industri 4.0 (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta). Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial, 0, 40–45.

Downloads

Submitted

2023-07-12

Accepted

2023-08-29

Published

2023-08-29

How to Cite

Isa, M., Aflit Nuryulia Praswati, Evi Kurnia Sari, & Kesha Dewi Nur Ramadani. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Konten Media Sosial MIM PK Wirogunan . Abdi Psikonomi, 4(2), 77–83. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v4i2.2173

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.