Efektifitas Game Edukasi Belajar Hijaiyah Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Bagi Anak Usia 3-5 Tahun

Authors

  • Galih Wiratmoko Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Dita Aluf Mawsally Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Firdaus Aulia Faza Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia
  • Gabriella Vindy Kawuri Universitas Muhammadiyah Madiun
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i1.8126

Abstract

Al’Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, Agar dapat memahami isi Al’quran perlu dilatih mulai dari mengenal huruf terlebih dahulu yaitu huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengasilkan produk berupa game edukasi belajar huruf hijaiyah dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar bagi anak usia 3-5 tahun. Penelitian ini menggunakan   metode   penelitian   dan   pengembangan   (Research   and   Development)   dengan   tujuan menghasilkanproduk  yang  telah  diuji  kelayakannya.  Produk  yang  dihasilkan  dari  penelitian  ini  berupa aplikasi game edukasi dengan langkah penelitian yang mengacu pada desain pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan  aplikasi  game  edukasi  untuk  pengenalan  huruf  hijaiyah  pada  anak  dikategorikan “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata kelayakan sebesar 3,4 yang dihasilkan dari kuisioner. Aplikasi game edukasi "Belajar Hijaiyah" berbasis Android merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar bagi anak usia 3-5 tahun. Aplikasi ini dapat membantu anak belajar mengenal huruf hijaiyah, cara membaca huruf hijaiyah, dan cara menulis huruf hijaiyah secara mandiri. Aplikasi ini juga dapat membantu anak termotivasi belajar secara menyenangkan dan tidak membosankan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Submitted

2025-01-08

Published

2025-05-16

Issue

Section

Articles