Efektifitas Game Edukasi Belajar Hijaiyah Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Bagi Anak Usia 3-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23917/ecrj.v7i1.8126Abstract
Al’Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam, Agar dapat memahami isi Al’quran perlu dilatih mulai dari mengenal huruf terlebih dahulu yaitu huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini untuk mengasilkan produk berupa game edukasi belajar huruf hijaiyah dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar bagi anak usia 3-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan menghasilkanproduk yang telah diuji kelayakannya. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi dengan langkah penelitian yang mengacu pada desain pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi game edukasi untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak dikategorikan “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata kelayakan sebesar 3,4 yang dihasilkan dari kuisioner. Aplikasi game edukasi "Belajar Hijaiyah" berbasis Android merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar bagi anak usia 3-5 tahun. Aplikasi ini dapat membantu anak belajar mengenal huruf hijaiyah, cara membaca huruf hijaiyah, dan cara menulis huruf hijaiyah secara mandiri. Aplikasi ini juga dapat membantu anak termotivasi belajar secara menyenangkan dan tidak membosankan.
Downloads
Downloads
Submitted
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 galih wiratmoko, Dita Aluf Mawsally, Firdaus Aulia Faza, Gabriella Vindy Kawuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.









