Penguatan Sikap Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Prefentif bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Melani Astikasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Meinira Dinar Fajrina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ria Anisa Fani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Ratnasari Diah Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Munaya Fitria Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i2.11896

Keywords:

cinta alam, character building, peduli lingkungan

Abstract

Kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanamkan sejak dini guna mencegah timbulnya kerusakan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi upaya penanaman sikap peduli lingkungan melalui kegiatan peduli lingkungan di SD Muhammadiyah PK Baturan. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan metode deskriptif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari – 5 Maret 2022 dengan bantuan para guru dalam mengkoordinasi jalannya kegiatan yang melibatkan seluruh siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Baturan untuk melakukan penghijauan serta membersihkan area sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Kegiatan peduli lingkungan telah mencapai tujuan yang diharapkan diantaranya lingkungan sekolah terutama taman sudah dalam kondisi rapi, bersih dari sampah, dan terdapat banyak tanaman di pot hasil dari penghijauan oleh siswa. Selain itu, kesadaran siswa untuk merawat taman sekolah juga mulai terlihat dari menyiram tanaman secara rutin sesuai jadwal piket masing-masing. Peneliti merekomendasikan untuk dilakukannya pembiasaan serta keterlibatan aktif seluruh warga sekolah agar sikap peduli lingkungan siswa dapat berkembang secara maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi dan masukan untuk pembinaan serta pengawasan terhadap siswa dalam hal peduli lingkungan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danhas, M., & Danhas, Y. H. (2020). Pendidikan Lingkungan (Environmental Education). Deepublish.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2008). Introduction: The discipline and practice of qualitative research.

Dierking, L. (1991). Learning theory and learning styles: An overview. Journal of Museum Education, 16(1), 4–6.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152.

Gunawan, H., & Guslinda, G. (2019). Analisis sikap peduli lingkungan siswa sd negeri 184 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 139–147.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68.

Jufri, J., La Fua, J., & Nurlila, R. U. (2019). Pendidikan Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga Kota Kendari. AlTA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 164–181.

Julianti, T. B., & Ressandy, S. S. (2020). Program Edukasi “TOLUNI”(Tanaman Obat Keluarga Usia Dini) di SDN 015 Kota Samarinda. Abdi Geomedisains, 33–38.

Manik, J. N. S. (2020). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa SD Negeri Pleburan 04 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 87–93.

Marjohan, M., & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 111–126.

Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22–29.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., & Aji, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99.

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., Kurniawan, L. Y., Astuti, J. S., Primandika, F. T., & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74.

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., & Rahmawati, H. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49.

Sembiring, R. K. B., Simorangkir, F. M. A., & Anzelina, D. (n.d.). Model pembelajaran kooperatif TTW (think talk write) untuk meningkatkan komunikasi matematik dan sikap positif siswa. Jakad Media Publishing.

Supriatna, J. (2021). Pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Suryani, E., Putra, L. V., & Putri, E. M. E. (2020). Program Hidroponik Bagi Siswa SD. CV. Pilar Nusantara.

Warni, K., Wulandari, F., & Sumarli, S. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1645–1651.

Wiyani, N. A. (2013). Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Submitted

2025-07-14

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles