Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia

Authors

  • Herdin Muhtarom Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
    Indonesia
  • Andi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i2.11895

Keywords:

boanding literasi, budaya indonesia, karakter pelajar pancasila

Abstract

Pendidikan menjadi dasar dalam membentuk karakter anak. Namun ternyata pendidikan masih belum dirasakan oleh anak-anak imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen penting, sehingga mereka merasakan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan di negara lain. Hal tersebut menjadi urgensi dalam penelitian ini untuk mengembangkan pendidikan karakter dan menumbuhkan rasa nasionalisme melalui pendidikan. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu untuk memberikan edukasi nilai-nilai karakter pelajar Pancasila terhadap anak imigran Indonesia di wilayah Gombak, Malaysia. Adapun metode pengabdian dilakukan melalui sanggar belajar di wilayah Gombak, Malaysia. Dan hasil pengabdian menunjukan bahwa mereka semakin meningkat dalam penanaman pendidikan karakter dan rasa nasionalisme melalui proses penanaman edukasi karakter nilai-nilai karakter pelajar Pancasila secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainina, Indah Ayu. 2014. “PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH.” Indonesian Journal of History Education 3(1).

Ali, Zezen Zainul, Instiut Agam, and Islam Negeri. 2021. “KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT DARI RUMAH BERBASIS MODERASI BERAGAMA.” DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(2):175–88.

Fatimah, S., and D. A. Dewi. 2021. “Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Jati Diri Anak Bangsa.” Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu … 1(5):1–7.

Hariss, Abdul. 2018. “Peranan Kedutaan Besar Republik Indonesia Dalam Menanggulangi Persoalan Tenaga Kerja Indonesia Di Malaysia.” Wajah Hukum 2(April):1–8.

Ismail, Shalahudin, Suhana Suhana, and Qiqi Yuliati Zakiah. 2021. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan … 2(1):76–84.

Istianah, Anif, Sukron Mazid, Sholihun Hakim, and Ririn Puji Susanti. 2021. “‘Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus.’” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan 19(1):59–68.

Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian. 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 257–65.

Khotimah, R. P., Putro, D. S., Utomo, G. W., Hidayah, A. F., Astriyanti, N. E., Sari, Y. R., ... & Zakiah, Z. (2020). Penanaman Karakter Kejujuran Melalui Kantin Anti Korupsi pada Siswa SD/MI Ngargorejo, Ngemplak, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 24-27.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.

Muhtarom, H. 2020. “Wujud Persamaan Dan Perbedaan Nasionalisme Abad 20 Dan Abad 21 Di Indonesia.” Riwayat: Educational Journal of History … 30(2).

Muhtarom, Herdin, and Gery Erlangga. 2021. “Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di SMAN 18 Jakarta.” Cricksetra 10(2):114–28.

Muhtarom, Herdin, and Dora Kurniasih. 2020. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH EROPA.” Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah 3(2):59–65.

Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, A., Fatmawati, F., Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi Masyarakat Tangen, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63-73.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali'in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1).

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., ... & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44-49.

Risdiany, Hani, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Penguatan Karakter Bangsa Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(4):696–711. doi:10.36418/japendi.v2i4.140.

Sutopo, A., Ariyatmi, S. Z., Tumiyem, T., Sofiana, I., Prayitno, H. J., Wijayanto, K., & Nisa, C. (2021). Penguatan Sektor Ekonomi dan Pendidikan Karakter Siswa pada Era Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 174-183.

Wahyudi, T. N., Prasetyo, D., Prasetyo, A. D., Rinawati, R., Kusumawati, I., Hasana, U. U., ... & Gistiani, T. L. (2020). Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 14-18.

Wardani, M. S., Nugroho, N. R. I., & Ulinuha, M. T. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).

Yunus, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Madinah Kebumen Tahun 2014. Profetika: Jurnal Studi Islam, 16(2), 181-193.

Downloads

Submitted

2025-07-14

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles