Pengenalan Kebudayaan Indonesia melalui Boanding Literasi SB Hulu Kelang Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i2.11894Keywords:
boanding literasi, budaya indonesia, life skilAbstract
Setiap anak memiliki hak untuk belajar tanpa memandang terlahir dari orang tua siapa. Anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pun yang bekerja di luar negeri juga memiliki hak untuk belajar pada umumnya. Banyak faktor yang menjadi penghambat anak TKI luar negeri tidak dapat bersekolah salah satunya minimnya sekolah Indonesia yang ada di luar negeri. Pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini terlaksana di Sanggar Bimbingan Hulu Kelang Malaysia kurang lebih hampir satu bulan. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dasar dan pengenalan kebudayaan Indonesia kepada anak-anak yang ada di SB Hulu Kelang. Mitra dalam pengabdian ini ialah dari pengurus SB Hulu Kelang yaitu Persatuan Pembela Rakyat Kerinci di Malaysia (PPRKM) dan salah satu PTMA di Indonesia yaitu dari UM Sindenreng Rapang. Pengabdian ini menggunakan metode observasi, pendidikan masyarakat, dan advokasi. Pengabdian ini diterapkan dengan nama program SECARA (Sehari Ada Acara) yang memfokuskan anak untuk mecapai target kemapuan literasi dan pengenalan budaya Indonesia. Hasil yang didapat anak-anak mengalami peningkatan dalam hal literasi dasarnya dan anak-anak semakin mengenal budayanya yaitu budaya Indonesia.
Downloads
References
Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., Prameswari, D. H., Surakarta, U. M., Pendidikan, M., Indonesia, B., Surakarta, U. M., Order, H., & Skills, T. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemdikbud RI. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 16(02), 128–143. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.40671
Kurniawan, A., Lau, W., Don, H., Lelo, S., Yosephina, F., Lukas, Y., Ngeppe, L., Ignasia, V., Augustin, M., & Amaral, L. (2022). Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung Bagi Anak Sekolah di Desa Duarato. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 619–624.
Kusumaningsih, D., Sugiyanto, Y., & Joko, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kepenyiaran Radio dengan Pemanfaatan Streaming Radio sebagai Upaya Pembentukan Life Skill Bagi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 28(2), 126–132. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3027
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Maulina, Y. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 191. https://doi.org/10.31503/madah.v9i2.765
Minsih, & Wulandari, M. D. (2012). Pendidikan Karakter berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Kemandirian Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta. Varia Pendidikan, 24(1), 66–72.
Muhibbin, A., & Sundari, S. (2017). Revitalisasi Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKn Sebagai Bekal Calon Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 48–61. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5719
Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., Indriyani, N., Safitri, I., Ayu, F. D., Aji, S., Nirmala, E., & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11846
Niam, M. N. (2019). Penanaman Pendidikan Life Skill dalam Meningkatkan Kemandirian Santri Baru di Pondok Modern Gontor Putra II Ponorogo. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 108–117. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8116
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550
Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri, S. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID-19. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–47.
Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791
Widati, M. (2019). Meningkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Mengelola Literasi Sekolah Bagi Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial Dabin I Kecamatan Baki Semester I Tahun 2018/2019. Jurnal Varidika, 31(2), 81–86. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10222






