Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program PHBS di SMPN 242 Jakarta

Authors

  • Ayu Lestari Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
    Indonesia
  • Budiaman Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
    Indonesia
  • Sujarwo Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta
    Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v4i2.11888

Keywords:

karakter peduli lingkungan, nilai karakter, program PHBS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter peduli lingkungan melalui program PHBS pada siswa SMPN 242 Jakarta. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PHBS telah memberikan efektivitas yang dapat diketahui berdasarkan tiga indikator yaitu hasil, efisien, dan keadaptasian. Pemberian penguatan karakter peduli lingkungan terkuat berada pada model pengajaran. Sementara untuk enam indikator program PHBS yang telah diimplementasikan oleh siswa, indikator terkuat berada pada indikator tidak merokok di sekolah. Sehingga program PHBS perlu lebih ditingkatkan guna memperbaiki karakter peduli lingkungan pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 108.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/4509

Aponi. (2021). Tahapan PHBS di Sekolah. Pustaka Taman Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Baria, K. (2019). Efektivitas Pelayanan Kartu Macca di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng [Universitas Muhammadiyah Makasar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id

Hafida, S. H. N., Ariandi, A. P., Ismiyatin, L., Wulandari, D. A., Reygina, N., Setyaningsih, T., ... & Amin, M. A. K. (2020). Pengenalan Etnobotani melalui Pembuatan Herbarium Kering di Lingkungan Sekolah MI Muhammadiyah Plumbon, Wonogiri. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 79–83.

Hasanah, U. (2016). Model-model Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 28. e-ISSN 2716-0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Desember 2022 doi:10.23917/bkkndik.v4i2.19528 142 Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program PHBS di SMPN 242 Jakarta (133–142) http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1491

Herlina, N. (2017). Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 3. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/galuhjustisi/article/view/93

Kemenkes. (2016). PHBS. https://promkes.kemkes.go.id/phbs

Khairina, E., Priyo, E., & Ducol, A. (2020). Sustainable Development Goals: Kebijakan Berwawasan Lingkungan Guna Menjaga Ketahanan Lingkungan di Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 156. https://journal.ugm.ac.id/jkn/articl/view/52969

Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Silviana, Y., Udin, R., Atitah, S., Astuti, W., ... & Arfiah, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Cinta Lingkungan di MIM Kranggan, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 95–99.

Nua, F. (2021). Sebanyak 72% Masyarakat Belum Peduli Sampah. https://m.medoaindonesia.com/humaniora/400163/sebanyak-72-masyarakat-belumpeduli-sampah

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., ... & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74.

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., ... & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35–41.

Saputra, H. J., & Faizah, N. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 62–74.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., ... & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49.

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 17. https://jurnal/uns.ac.id/jdc/article/view/17622

Wahyudi, T. N., Prasetyo, D., Prasetyo, A. D., Rinawati, R., Kusumawati, I., Hasana, U. U., ... & Gistiani, T. L. (2020). Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 14–18.

Winastya, K. P. (2021). Contoh Perbuatan Tidak Mencintai Lingkungan, Ketahui Dampaknya. https://m.merdeka.com/trending/contoh-perbuatan-tidak-mencintai-lingkunganketahui-dampaknya-kln.html?

Wiyati, R. (2019). PHBS di Tatanan Sekolah. https://dinkes.okukab.go.id/phbs-ditatanan-sekolah.html

Downloads

Submitted

2025-07-14

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles