Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Ratnasari Diah Utami Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Minsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Harun Joko Prayitno Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Eka Destriyanto Pristi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Riska Yulia Ayu Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Dwi Handayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Vera Tristiana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
    Indonesia
  • Rifkah Yoviyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Klarissa Afif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
    Indonesia
  • Shohenuddin Sanggar Belajar, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
    Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.23917/buletinkkndik.v5i1.11876

Keywords:

pemberdayaan, pembelajaran, profil pelajar pancasila, kelas rangkap, sanggar belajar

Abstract

Pembelajaran kelas rangkap merupakan suatu model pelaksanaan pembelajaran yang cukup asing di Indonesia. Namun, ada beberapa lembaga pendidikan yang perlu melaksanakan kelas rangkap karena kondisi siswa di dalam satu kelas terdapat berbagai rentang usia, serta adanya keterbatasan sarana prasarana yang dimiliki. Sanggar Belajar yang ada di Malaysia adalah salah satu penyelenggara pendidikan yang mengalami kondisi seperti itu sehingga memerlukan opsi pembelajaran kelas rangkap. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran kelas rangkap serta implementasi pelaksanaan kelas rangkap untuk guru dan siswa di sejumlah sanggar belajar yang ada di Malaysia yang dipusatkan di Sanggar Belajar Rawang Malaysia. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (1) Sosialisasi pelaksanaan untuk mendiskusikan dengan mitra terkait pelaksanaan pengabdian, (2) Pelatihan pada guru dalam pembelajaran kelas rangkap berpendekatan profil pelajar Pancasila, (3) Pendampingan pada guru dalam melaksanakan pembelajaran kelas rangkap, dan (4) Monitoring dan evaluasi pembelajaran kelas rangkap yang telah dilakukan guru. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas sebelum diterapkan kelas rangkap masih rendah, namun melalui edukasi dan pelaksanaan kelas rangkap pembelajaran yang berlangsung di sanggar belajar menjadi lebih terorganisir dengan baik, dan (2) Hambatan dalam pelaksanaan kelas rangkap terdapat pada alat pembelajaran yang masih kurang seperti buku siswa dan keterbatasan media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Asriah, Syahrial, Kurniawan, D. A., Alirmansyah, Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157–170. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.1706

Asrial, Syahrial, Sabil, H., Kurniawan, D. A., Perdana, R., Nawahdani, A. M., Widodi, B., Rahmi, & Nyirahabimana, P. (2023). Quantitative Analysis of Elementary School Students’ Curiosity and Web‐Based Assessment Responses. IJOLAE: Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 5(2), 107–119. e‑ISSN 2716‑0327 Buletin KKN Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Juni 2023. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22889 https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i2.21646

Astutik, N. H. U., & Sufanti, M. (2022). Program Home Visit sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SMP Negeri 2 Sumowono. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.30

Finn, J. D., Pannozzo, G. M., & Achilles, C. M. (2003). The “Why’s” of Class Size: Student Behavior in Small Classes. Review of Educational Research, 73(3). https://doi.org/10.3102/00346543073003321

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan bagi Rakyat Sesuai dengan Amanat Undang‑Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2(1).

Jehudin. (2016). Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap di SD Negeri 012 Tanjung Palas Menggunakan Metode Ceramah Materi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 02(02), 26–34.

Juniar, B. B., Radityastuti, E. Y., & Sani, S. (2021). Relasi Antara Orang Tua dan Stakeholder sebagai Faktor Pendukung Pengembangan Kultur Sekolah pada Pembelajaran Daring di SMAN 3 Kota Sukabumi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 78–85.

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E‑book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al‑Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14549

Matondang, E. S. (2016). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34–47.

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid‑19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.

Nurhalimah, A., Mawaddah, M., & Abdillah, A. (2021). Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai Calon Guru melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 12–20. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.2

Nurhidayat, Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., Irfadhila, D., & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9286

Prayitno, H. J., Kusmanto, H., Nasucha, Y., Rahmawati, L. E., Jamaluddin, N., Samsuddin, S., & Ilma, A. A. (2019). The Politeness Comments on The Indonesian President Jokowi Instagram Official Account Viewed From Politico Pragmatics and The Character Education Orientation in The Disruption Era. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 52–71. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8785

Prayitno, H. J., Markhamah, Nasucha, Y., Huda, M., Ratih, K., Ubaidullah, Rohmadi, M., Boeriswati, E., & Thambu, N. (2022). Prophetic Educational Values in the Indonesian Language Textbook: Pillars of Positive Politeness and Character Education. Heliyon, 8(8), e10016. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10016

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid‑19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se‑Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020‑2024. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020‑2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–129.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se‑Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., Damayanti, N. A., Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765

Sholihatinnisa, I., Nurcahyono, N. A., Anastia, & Fitria, R. (2021). Realisasi Bisnis Digital Siswa Guna Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai SMK Pusat Keunggulan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.8

Utami, R. D. (2015). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i1.1542

Downloads

Submitted

2025-07-13

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles